KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pesawat Helikopter Diserahterimakan

Helikopter NBO-105 yang diserahterimakan tadi pagi
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 04/02/03
Sebuah pesawat helikopter tipe NBO-105 buatan PT Dirgantara Indonesia (dahulu PT IPTN) Bandung secara resmi kini dioperasikan Pemkab Kutai Kartanegara. Serah terima pesawat helikopter pinjaman Departemen Kehutanan tersebut dilakukan tadi pagi di pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala Tenggarong ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang antara Bupati Kukar, Drs H Syaukani HR MM dengan Vice President Flight Test Center PT Dirgantara Indonesia, A. Toos Sanitioso yang disaksikan Ketua DPRD H Bahtiar Effendi, Muspida, Kepala Dinas/Instansi, para pejabat PT Dirgantara Indonesia dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Kutai Kartanegara H Syaukani HR dalam sambutannya mengatakan, kebutuhan akan pesawat helikopter merupakan dambaan Pemda Kutai Kartanegara sejak lama. Hal ini disebabkan jangkauan dan kondisi wilayah Kukar sangat bervariatif dan luas. Oleh sebab itu pesawat helikopter menjadi alternatif pilihan yang tepat yang harus dimiliki Pemda Kukar dalam menjangkau wilayahnya yang terbagi dalam 18 Kecamatan. Ditambahkan Syaukani keberadaan pesawat helikopter ini tidak dibatasi hanya untuk memenuhi kebutuhan transportasi Pemda semata namun dapat pula dimanfaatkan oleh masyarakat luas termasuk pengusaha swasta maupun Pemkab/Pemkot lain di Kaltim.


Vice President PT Dirgantara Indonesia ketika serah terima helikopter dengan Bupati Kukar H Syaukani HR
Photo: Joe

"Hanya saja bila ingin menggunakan pesawat ini, yang memakainya harus membayar baik untuk honor pilot dan BBM." ujar Syaukani. Dikatakannya pesawat helikopter ini merupakan cikal bakal perusahaan maskapai penerbangan Kartanegara Airline yang akan dibentuk Pemkab Kukar dalam waktu dekat ini. Karena menurutnya usaha di bidang transportasi udara ke depan sangat menjanjikan baik untuk angkutan penumpang maupun barang terutama banyak dimanfaatkan oleh perusahaan pertambangan yang ada di Kukar.

Pesawat Helikopter NBO-105 dengan call sign PK-NZU ini berkapasitas penumpang 5 orang termasuk pilot. Pesawat ini merupakan lisensi dari perusahaan pembuat pesawat Jerman MBB Bolkow dengan harga jual USD 1,6 juta atau sekitar Rp. 16 milyar dengan kemampuan jelajah bila avturnya diisi full tank mampu terbang selama 2,5 jam atau 500 KM dan kecepatan rata-rata 200 Km/jam pada ketinggian 8000 hingga 10.000 kaki dari permukaan bumi.


Bupati H Syaukani HR menggunakan helikopter untuk berangkat ke Desa Perian
Photo: Joe

Menurut Kabag Humas Kukar, Drs Abidinsyah Kadrie, untuk sementara Pemkab Kukar akan memanfaatkan heli ini untuk kegiatan transportasi kunjungan kerja pejabat Pemda disamping memantau kegiatan hutan dan lahan khususnya kegiatan ilegal logging serta pertambangan di daerah ini.

Usai acara serah terima, H Syaukani HR bersama Ketua DPRD H Bahtiar Effendi, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Lief Sofiejollah melakukan penerbangan perdana menuju Desa Perian Kecamatan Muara Muntai bersama pilot Syamsudin Sabirin yang telah memiliki pengalaman 450 jam terbang. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.