KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

YTM Presentasikan Kawasan Wisata Mahakam Land

KutaiKartanegara.com 01/09/03 21:26 WITA
Potensi Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam yang selama ini hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat pada sektor perikanan dan angkutan, ke depan akan semakin diperluas. Pengembangan DAS Mahakam akan dititikberatkan pada sektor kepariwisataan yang merupakan sektor terdepan bagi Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai perwujudan dari program Gerbang Dayaku.

Demikian dikatakan Asisten I bidang Pemerintahan Kukar, Drs HM Husni Thamrin ketika memberikan pengarahan dalam presentasi Kawasan Wisata Mahakam Land yang disampaikan oleh Yayasan Tambak Maris (YTM) Kaltim Senin tadi pagi di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Menurut Husni Thamrin, pengembangan sektor wisata di Kukar ke depan menjadi penting karena potensi sumber daya alam terutama migas dan batubara yang selama ini menjadi andalan pendapatan daerah dalam beberapa dekade mendatang akan musnah. Oleh sebab itu kepedulian pihak YTM dalam upaya pengembangan DAS Mahakam menjadi suatu objek wisata baru patut menjadi contoh yang baik.

Sementara Ketua YTM Kaltim, H Husni Thamrin SH mengatakan ada tiga lokasi utama rencana pengembangan objek wisata Mahakam Land yaitu di Pulau Yupa Kecamatan Tenggarong Seberang, Pulau Jembayan di Kecamatan Loa Kulu dan Pulau Kumala.

"Untuk langkah pertama kami akan mengembangkan objek wisata di kawasan Tenggarong dengan luas lahan sekitar 25 ribu hektar. Ada beberapa kegiatan untuk mendukung wisata Mahakam Land di wilayah Tenggarong Seberang diantaranya membangun pusat-pusat kebudayaan suku Dayak termasuk yang ada di Sarawak dan Sabah (Malaysia)," ujar H Husni Thamrin SH.

Menurut H Husni Thamrin, selain itu juga akan didisain suatu pemukiman permanen suku-suku yang ada di Kukar dan Kaltim pada umumnya. Sehingga diharapkan dengan adanya suatu kawasan yang unik dan khas ini akan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara maupun asing untuk berkunjung Ke Kukar dan Kaltim pada umumnya.

"Yah seperti tujuan dibangunnya kawasan perkampungan Pampang di Kota Samarinda, namun yang kita bangun di Kukar nanti lebih baik dari itu. Karena Pemkab Kukar sangat mendukung sekali pembangunan di sektor kepariwisataan sesuai dengan program Pemkab yaitu Gerbang Dayaku," demikian kata H Husni Thamrin SH. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.