KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Golkar Dominasi Jatah Kursi DPRD Kukar

Sumber: KPU Kutai Kartanegara
Grafis: Agri

KutaiKartanegara.com 20/04/04 23:23 WITA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil memutuskan sekaligus menetapkan hasil perolehan suara partai-partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2004 lalu serta perolehan kursi DPRD Kukar masa bakti 2004-2009 yang ditetapkan KPU Pusat sebanyak 40 kursi.

Keputusan itu disampaikan dalam suatu rapat khusus yang dipimpin Ketua KPU Kukar HM Ishack Iskandar SE tadi siang di Tenggarong yang ditandai dengan penandatangan berita acara perolehan suara Pemilu 2004 untuk kursi DPRD Kukar oleh masing-masing ketua dan pengurus parpol peserta pemilu terutama yang mendapatkan kursi di DPRD Kukar.

Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa ada 8 parpol peserta pemilu 2004 di Kukar yang berhak menduduki kursi legislatif Kukar serta jatah kursi yang diperoleh masing-masing parpol. Dari 40 kursi DPRD Kukar tersebut, Partai Golongan Karya (Golkar) mendominasi dengan jatah 22 kursi, disusul Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) 5 kursi.


Ketua KPU Kukar HM Ishack Iskandar SE (kanan) saat memimpin rapat perolehan suara Pemilu 2004

Photo: Joe


Beberapa pengurus parpol ketika menandatangani berita acara perolehan suara Pemilu 2004 dan penetapan jatah kursi untuk DPRD Kukar dalam rapat khusus di Sekretariat KPU Kukar
Photo: Joe

Sedang 3 kursi masing-masing diraih oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Patriot Pancasila. Sementara sisanya diraih oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 2 kursi serta Partai Merdeka dan Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan (PNBK) yang masing-masing mendapat jatah 1 kursi.

Dikatakan Ketua KPU Kukar HM Ishack Iskandar SE, kendati di tingkat KPU Kukar keputusan ini sudah bersifat final namun bisa saja berubah. Terjadinya perubahan itu menurutnya mungkin saja terjadi di KPU Pusat misalnya adanya perubahan bilangan pembagi suara yang ditetapkan KPU pusat kemudian.

"Yang jelas Keputusan rapat hari ini akan dikirim secepatnya ke KPU Pusat untuk mendapat pengesahan secara resmi. Kami bersyukur kepada Allah SWT karena sebagian dari beban tugas yang berat ini semakin berkurang," ujarnya.

Perolehan suara parpol yang berhasil mendapatkan jatah kursi di DPRD Kukar berdasarkan perolehan suara di masing-masing daerah pemilihan dimana Kukar terbagi dalam 5 daerah pemilihan yaitu daerah pemilihan Kukar I (Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu dan Loa Janan) yang menyediakan jatah 12 kursi.

Kemudian Kukar II (Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Muara Muntai, Muara Wis dan Tabang) dengan 7 kursi, Kukar III (Tenggarong Seberang, Sebulu dan Muara Kaman) dengan 9 kursi, Kukar IV (Anggana, Muara Badak dan Marangkayu) dengan 6 kursi dan Kukar V (Samboja, Sanga-Sanga dan Muara Jawa) dengan jatah 6 kursi. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.