KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Lapangan Gas VICO Indonesia Terbakar!

Para peserta pelatihan mengamati cara penyemprotan air dari mobil pemadaman kebakaran
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 16/06/04 23:45 WITA
Api berkobar hebat di salah satu lapangan gas milik perusahaan migas VICO Indonesia yang berada di kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sementara asap hitam pekat membumbung tinggi ke angkasa meliuk-liuk mengikuti arah angin.

Sekelompok regu pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kebakaran langsung mempersiapkan perlengkapannya dan bergegas menghampiri si jago merah yang tengah mengamuk dan terus memancarkan hawanya yang sangat panas. Regu pemadam kebakaran yang terdiri dari 6 orang tersebut dengan sigap dan bersemangat menyemprotkan air untuk menjinakkan api.

Setelah berjuang memadamkan api dalam waktu beberapa menit, akhirnya kebakaran di lapangan milik VICO Indonesia tersebut dapat diatasi dengan baik sehingga tidak makin meluas. Para petugas pemadam kebakaran yang masih bersimbah peluh tampak lega dan puas setelah berhasil menaklukkan si jago merah.

Begitu lah suasana praktek langsung Pelatihan Penanggulangan Kebakaran yang digelar tim Fire & Rescue VICO Indonesia tadi siang. Para instruktur yang memberikan materi pelatihan sejak Selasa (15/06) kemarin tampak puas dan bangga melihat kinerja peserta pelatihan tersebut dalam mengatasi api baik yang disebabkan oleh terbakarnya kayu dan ban bekas maupun oleh terbakarnya minyak dan gas.


Salah satu regu berusaha menaklukkan kobaran api yang membumbung tinggi

Photo: VICO Indonesia / Bastian

Menurut Darma Surya Rais selaku instruktur, 6 orang yang berada dalam tiap regu tersebut terdiri 1 orang kapten, 1 orang operator pompa, 2 nozzleman dan 2 orang back up. "Kapten bertugas memberikan aba-aba maju atau mundur, bagian mana yang diutamakan disemprot dan meminta air kepada operator. Sedangkan oprator berjaga-jaga di pompa dan bertugasmengalirkan atau menutup air sesuai permintaan dari Kapten," kata Darma Surya Rais.

Sedangkan nozzleman, lanjutnya lagi, berada di barisan terdepan untuk menyemprotkan air. Karena tekanan air cukup tinggi maka perlu di-back up dan sewaktu-waktu bisa saling berrgantian memegang nozzle.

Dikatakan pula oleh Darma Surya Rais, dengan adanya pelatihan bagi 18 pemuda Muara Badak ini diharapkan agar apabila terjadi kebakaran di wilayah Muara Badak atau di perkampungan maka para pemuda terlatih ini bisa segera mengambil tindakan sebelum mobil pemadam dan tim Fire & Rescue VICO Indonesia tiba di lokasi kejadian.

"Setelah tim tiba di lokasi, diharapkan mereka bisa membantu menggelar atau menyambung selang, menunjukkan tempat sumber air yang bisa dipergunakan untuk menyemprot dan membantu tim VICO melakukan tindakan pemadaman," ujarnya.

Ditambahkan Darma bahwa selama ini sering terjadi semua orang ingin membantu tapi karena pengetahuan dasar yakni bagaimana menyambung selang dan memegang nozzle tidak ada, sehingga akhirnya sering menjadi kendala bagi tim pemadam di lapangan.

Sementara itu, dikatakan salah seorang peserta yang bernama Kadir Gaffang bahwa memang tidak mudah bagi tim pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugasnya. Selain harus berjuang menaklukkan kobaran api juga harus siap mental menghadapi api dan tekanan dari masyarakat yang rumahnya terbakar bahkan yang lebih ngeri lagi adalah malah jadi korban.

Melihat antusiasme para peserta pelatihan penanggulangan kebakaran, pihak External Relations & Community Development VICO Indonesia berencana akan mengadakan pelatihan lanjutan bagi peserta yang lolos seleksi. Selain itu, rencananya minggu mendatang pihak VICO Indonesia kembali akan menggelar pelatihan serupa bagi anggota Karang Taruna Garuda dari Desa Muara Badak Ulu. (win)


Suasana praktek pelatihan penanggulangan kebakaran di lapangan milik VICO Indonesia Muara Badak
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Berita Terkait:
VICO Indonesia Latih Pemuda Muara Badak Tanggulangi Kebakaran (15/06/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.