KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Kukar Gandeng Jepang Bangun Jaringan Kereta Api

KutaiKartanegara.com 15/07/04 22:47 WITA
Dengan
alasan demi percepatan pembangunan dan menggeliatkan perekonomian di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar), Bupati Drs H Syaukani HR MM kembali melontarkan rencananya untuk membangun jaringan kereta api sebagai pendukung kehadiran sebuah bandara baru di Jongkang, Kecamatan Loa Kulu.

Demikian hal tersebut dikemukakan Bupati H Syaukani HR pada jamuan makan malam bersama petinggi Itochu Corporation Jakarta yang dipimpin Kenta Mishima, Rabu (14/07) malam, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Untuk mewujudkan infrastruktur perkeretaapian di Kukar tersebut, lanjut Syaukani, pihaknya sengaja menggandeng investor dari Jepang, Itochu Corporation, yang telah berpengalaman dalam pembangunan jaringan kereta api berteknologi tinggi di wilayah Asia.

"Pada tahap I kita akan bangun jaringan kereta api yang menghubungkan Tenggarong-Samarinda yang jaraknya kurang lebih 28 km. Kemudian pada tahap II menghubungkan Tenggarong-Kota Bangun yang jaraknya sekitar 50 km," ujar Syaukani.

Menurut Bupati Kukar, pembangunan kereta api Lintas Kalimantan sebenarnya sudah menjadi rencana jangka panjang pemerintah pusat, namun alangkah baiknya jika Kukar merealisasikan jaringan kereta api Tenggarong-Samarinda dan Tenggarong-Kota Bangun mengawali rencana yang sangat bermanfaat tersebut untuk Lintas Kalimantan kedepan.

Sementara itu, dikatakan Kepala Perwakilan Itochu Corp di Jakarta, Kenta Mishima, pihaknya sangat tertarik dengan kondisi Kukar yang kaya dengan sumber daya alam serta didukung komitmen Pemkab Kukar untuk memajukan wilayahnya melalui berbagai program strategis.

Selain siap melaksanakan pembangunan jaringan kereta api di daerah ini, Kenta Mishima dalam kesempatan tersebut juga menawarkan kerjasama di bidang lain seperti halnya pendidikan.

"Kami harapkan ada warga Kukar yang mendapat pendidikan di Jepang, sehingga semakin memantapkan hubungan baik antara Kukar dengan Jepang khusunya maupun hubungan Indonesia-Jepang pada umumnya," demikian kata Kenta Mishima seperti diucapkan penerjemahnya.

Selain Kenta Mishima selaku Kepala Perwakilan Itochu Corporation di Jakarta, turut serta dalam kunjungan rombongan dari Jepang ke Tenggarong ini adalah Kunio Kambara (General Manager Business Development Itochu Jakarta) dan Takahiro Takeuchi (General Manager Transportation Project Itochu Jakarta) serta dua tenaga ahli dari Japan Transportation Consultant (JTC) yakni Sakaue (Ahli Kereta Api JTC) dan K Denda (Ahli Studi Kelayakan JTC). (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.