KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

VICO Indonesia Latih Pemuda Muara Badak Tanggulangi Kebakaran

Wiedjaya Soenarto (kiri) saat membuka kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran di Muara Badak

Photo
: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 15/06/04 23:23 WITA
Tingginya frekwensi kebakaran yang terjadi di kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mendorong perusahaan migas VICO Indonesia yang beroperasi di wilayah tersebut untuk memberikan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran kepada para pemuda setempat.

Pelatihan yang digelar tim Fire & Rescue VICO Indonesia bekerjasama dengan Peme-rintah Kecamatan Muara Badak ini berlangsung selama dua hari yakni mulai tadi pagi hingga Rabu (16/06) besok bertempat di Aula Dharma Wanita Polsek Muara Badak.

Menurut Wiedjaya Soenarto selaku Claim & Land Admin Supt VICO Indoneisa, pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian VICO Indonesia terhadap masalah yang ada di masyarakat sekitarnya. "VICO Indonesia melalui tim Fire & Rescue yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya ingin berbagi ilmu kepada warga sekitar daerah perusahaan," ujarnya.


Syamsir Bakrie ( kiri) saat menyampaikan materi pengenalan alat dan teknik menggelar selang
Photo
:VICO Indonesia / Bastian



Salah seoran peserta mengenakan seragam Fire & Rescue didampingi HM Thambriansyah (instruktur), anggota Polsek Muara Badak dan Sekdes Badak Baru Kadir Gaffang
Photo
:VICO Indonesia / Bastian

Sebagai tahap awal, lanjut Wiedjaya, program ini melibatkan anggota Karang Taruna Karya Muda Pelangi Desa Badak Baru dan akan dilanjutkan kepada anggota Karang Taruna lainnya di wilayah Muara Badak dan Marangkayu.

Pada pelatihan yang diikuti oleh 18 pemuda tersebut, seluruh peserta dibagi menjadi 3 regu. Setiap regu terdiri dari 1 Kapten, 1 operator, 2 orang yang memegang nozzle serta 2 orang yang bertugas sebagai backup.

Pada hari pertama, materi yang diberikan meliputi Klasifikasi kebakaran, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Peralatan Fire Fighting, Teknik Pemadaman dan Teknik Penyelamatan. Sementara pada hari kedua, materi yang diberikan adalah Baris-Berbaris, Menggelar Selang dan Penggunaan APAR. Praktek penggunaan peralatan dan cara-cara pemadaman sendiri dilaksanakan di lokasi Fire Ground VICO Indonesia.

"Peserta yang telah mengikuti pelatihan selain mendapatkan sertifikat dari Health, Safety, Environmental & Training Badak Asset VICO Indonesia juga akan memperoleh seragam Fire & Rescue berikut Safety Helmet, Safety Shoes, Kacamata dan sarung tangan," demikian kata Wiedjaya.

Sementara itu, Kaur Pemerintahan H Kamaruddin yang bertindak mewakili Camat Muara Badak menyampaikan rasa terima kasihnya kepada VICO Indonesia atas kepedulian untuk membantu mengatasi permasalahan warga sekitar.

Sedangkan menurut Syamsir Bakrie selaku Lead Safetyman Fire & Rescue VICO Indonesia, perusahaan mereka memiliki 2 unit Fire Truck yakni tipe Advancer dan Ziegler serta 2 unit Fire Pump.

Jika terjadi kebakaran di wilayah pemukiman atau hutan, pihak VICO Indonesia selalu mengirimkan bantuannya berupa kendaraan Fire Truck Ziegler, sementara Fire Truck Advancer lebih diprioritaskan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di dalam areal VICO.

"Kendaraan ini dilengkapi tangki dengan kapasitas sekitar 4.000 liter dan air tersebut bisa disemprotkan dalam waktu tiga menit," demikian katanya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.