KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Bupati Kukar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Teleport Pusdatinkom

Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM secara simbolis meletakkan batu pertama tanda dimulainya proyek pembangunan Teleport Pusdatinkom di Bukit Biru tadi siang
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 14/02/04 18:08 WITA
Keseriusan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mengembangkan teknologi informasi di wilayah Kukar melalui penerapan e-Government benar-benar dibuktikan hari ini dengan dimulainya pelaksanaan proyek pembangunan gedung Teleport dan Kantor Pusat Data Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Kukar di daerah Bukit Biru, Jalan Pahlawan, Tenggarong.

Dimulainya proyek tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan siang tadi secara simbolis oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM bersama Dandim 0906 Letkol Inf Sudrajat Purbiantoro, Wakapolres Kutai Kompol Pulung Rohmadianto, Wakil Ketua DPRD H Ifni Djuraidi dan pimpinan PT Diastarindo Prime dari Korea Selatan, Mr Park.

Bupati H Syaukani HR dalam sambutannya mengatakan gedung Teleport ini akan menjadi tulang punggung implementasi e-government di Kukar karena disinilah nantinya aktivitas pengumpulan, pengolahan dan distribusi serta sharing data dan informasi terjadi.


Bupati Kukar menyerahkan satu unit komputer kepada peserta pelatiha dari salah satu kecamatan
Photo: Yanda

"Data dan informasi ini akan terhubung kepada seluruh stakeholder Pemkab Kutai Kartanegara melalui jaringan internet. Di masa mendatang, insya Allah semua kecamatan dan instansi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan terhubung dalam jaringan berkecepatan tinggi (high speed private network) dengan media fiber optic," kata Bupati Kukar H Syaukani HR.

Menurut H Syaukani HR, dengan media dan teknologi tersebut maka pertukaran data dan informasi akan dapat berjalan dengan cepat, mudah dan akurat serta akan tecipta standarisasi data dan informasi. Salah satu tujuan positif yang dapat diraih dari standarisasi data dan informasi adalah mengeliminasi overlapping tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pada kecamatan dan instansi pemda. Tujuan pokok dari hal ini adalah efektifitas dan efisiensi public service secara maksimal didalam kerangka implementasi e-government.

Namun demikian, Syaukani juga menekankan bahwa betapa pun canggih peralatan dan teknologi yang digunakan jika tanpa diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan SDM maka peralatan dan teknologi tersebut akan menjadi mubazir dan malah semakin menjauhkan dari prinsip efektivitas dan efisiensi kerja.


Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Kepala Pusdatinkom H Didi Marzuki dan Mr Park saat memperhatikan maket gedung Teleport Pusdatinkom yang akan dibangun
Photo: Agri

"Untuk itu, saya harap dengan adanya gedung Teleport Pusdatinkom ini nantinya Kabupaten Kukar semakin meningkatkan kinerja dan kualitas sumberdaya manusianya," demikian kata H Syaukani HR yang juga Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) ini.

Sementara itu, menurut Tuti Ariani selaku pimpinan proyek pembangunan Teleport Pusdatinkom, gedung ini dibangun oleh PT Diastarindo Prime dengan Konsorsium Korea yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di 18 kecamatan di wilayah Kukar.

Dikatakan Tuti Ariani, gedung yang dibangun diatas lahan seluas 5.000 meter persegi ini merupakan tulang punggung infrastruktur e-government yang secara bertahap dikerjakan dan diharapkan pada bulan Agutus 2004 semua kecamatan akan dapat berkomunikasi data secar terpadu dengan kantor pusat data kabupaten.

Acara peletakan batu pertama proyek pembangunan gedung Teleport Pusdatinkom ini juga ditandai pula dengan penyerahan 1 unit komuter secara simbolis kepada operator komputer dari 18 kecamatan yang saat ini tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan di gedung KNPI, Tenggarong. (win/nop)


Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM berfoto bersama peserta Pelatihan Operator Komputer e-Government dari 18 kecamatan se-Kukar di lokasi proyek pembangunan Teleport Pusdatinkom
Photo: Yanda

Berita Terkait:
Gedung Teleport Dibangun, Dinas/Instansi se-Kukar Online Agustus 2004
(13/02/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.