KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Temanggung dan Bantul Jalin Kerjasama Transmigrasi dengan Kukar

Bupati Kukar H Syaukani HR saat menandatangani naskah kerjasama dengan Wabup Temanggung HM Irfan disaksikan Drs Budi Santoso dari Depnakertrans RI (kanan)
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 05/05/04 19:52 WITA
Dua kabupaten di pulau Jawa yakni Kabupaten Temanggung (Jawa Tengah) dan Kabupaten Bantul (DI Yogyakarta) menjalin kerjasama dengan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam penyelenggaraan pembangunan bidang transmigrasi.

Kesepakatan antara Kukar dengan dua kabupaten tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh tiga pimpinan daerah yakni Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Bupati Temanggung yang diwakili Wabup Drs HM Irfan dan Bupati Bantul yang diwakili Assisten I Drs Sumarno, bertempat di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, tadi pagi.

Penandatanganan kerjasama antar tiga pemkab ini disaksikan langsung oleh Direktur Bina Perpindahan Transmigrasi Depnakertrans (Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi) RI, Drs Budi Santoso. Acara penandatanganan kesepakatan ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kukar H Bachtirar Effendi beserta pejabat Muspikab dan kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.

Dalam Naskah Perjanjian Kerjasama antara lain disebutkan bahwa Pemkab Kukar akan menyediakan lokasi transmigrasi di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong untuk pemukiman dan lahan usaha transmigran dengan perolehan lahan seluas 1,25 ha per KK (Kepala Keluarga). Kabupaten Bantul sendiri akan mengirimkan warganya yang terdiri dari 30 KK, sementara Temanggung dengan 20 KK.

Selain itu, disebutkan bahwa Pemkab Kukar akan menyediakan lahan untuk fasilitas pendidikan dan kesehatan serta memberikan bimbingan dan pelayanan bidang pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan.

Sementara, baik pihak Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Temanggung akan menyediakan calon transmigran yang sesuai dengan kebutuhan daerah dan memiliki semangat serta kemauan untuk memperbaiki ekonomi keluarga dan masyarakat sekitarnya. Sehingga untuk itu kedua pemkab akan melakukan seleksi dan penyuluhan terhadap calon transmigrannya.

Masing-masing pemkab di pulau Jawa tersebut juga akan menanggung biaya pengiriman calon transmigrannya dan memberikan bantuan bibit pertanian yang bermanfaat kepada calon transmigran sesuai agroklimat daerah setempat.

Dalam sambutannya dihadapan utusan Pemkab Temanggung dan Bantul tersebut, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM mengatakan bahwa banyak hal yang diuntungkan dalam kerjasama di bidang transmigrasi yaitu yang terpenting adalah di satu pihak mengurangi kepadatan penduduk dan semakin terbukanya lapangan kerja dan di lain pihak akan mempercepat pembangunan wilayah pedesaan.

Ditambahkan Syaukani, percepatan pembangunan pedesaan di Kukar menjadi prioritas utama dimana setiap desa di Kukar masing-masing mendapat alokasi dana pembangunan sebesar Rp 2 milyar per tahunnya. "Ini bukti nyata Pemkab Kukar dalam memajukan kehidupan desa dan warganya agar tidak tertinggal dengan saudara mereka di kota," demikian kata Syaukani. (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.