KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Jumlah Pekerja Anak di Kukar Menurun

KutaiKartanegara.com 03/03/04 17:45 WITA
Dengan telah dilaksanakannya program Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA) di seluruh wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) yang dicanangkan sejak 4 November 2002 lalu, maka selama tahun 2003 lalu jumlah pekerja anak di Kukar mengalami penurunan yang cukup berarti yaitu sekitar 7,2% atau dari 10.251 turun menjadi 6.376 orang anak.

Hal tersebut dikemungkakan Bupati Kukar, Drs H Syaukani HR MM usai menghadiri peringatan Gema Asyura bersama 1.000 anak yatim piatu se-Kukar di pusat rekreasi dan Wisata Pulau Kumala Tenggarong kemarin (02/03).

"Ternyata program ZBPA berhasil di Kukar. Saya sungguh terkesan dengan pelaksanaan program ZBPA di Kukar selama tahun pertama program ini, sehingga mampu menurunkan jumlah pekerja anak hingga 7 persen lebih. Padalah program ini belum secara intensif dilakukan dalam arti belum didukung oleh peraturan yang dituangkan dalam peraturan daerah (Perda)," kata Syaukani.

"Saya harap agar dalam bulan Maret ini Perda ZBPA sudah dapat disahkan. Karena saya dengar Februari lalu Raperdanya sudah digodok pihak Dewan," kata Syaukani.

Hal lain yang masih menjadi kendala terhadap program ini adalah berkaitan dengan masih susahnya menghapus citra dan merubah budaya masyarakat terutama di lingkungan wilayah pedesaan dan pantai yang memanfaatkan anak mereka dalam kegiatan pertanian dan perikanan. Untuk merubahnya perlu dilakukan secara perlahan antara lain dengan memberikan bebas biaya pendidikan bagi anak-anak mereka. Demikian Syaukani.

Pelaksanaan program ZBPA yang dilakukan Pemkab Kukar juga merupakan pilot proyek pertama Pemerintah Indonesia melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI bersama Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan Program Internasional Penghapusan Pekerja Anak (IPEC).

Penandatanganan kerjasama sekaligus pendeklarasian program ZBPA dilakukan oleh Bupati Kukar H Syaukani HR, Menakertrans Yacob Nuwawea dan Direktur ILO untuk Indonesia Alan Boulton serta Gubernur Kaltim H Suwarna AF di Tenggarong pada 4 November 2002.

Sedang isi deklarasi ZBPA tersebut salah satunya memuat antara lain, menghapuskan pekerja anak di bawah usia 15 tahun pada akhir 5 tahun pertama (tahun 2007). Artinya pada tahun 2007 mendatang tidak terdapat lagi pekerja anak usia 15 tahun di Kukar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.