KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Samsuri Aspar Tanggapi Pemandangan Umum Lima Fraksi DPRD Kukar

KutaiKartanegara.com 31/03/04 15:45 WITA
Setelah seluruh fraksi di DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menyampaikan pemandangan umumnya terhadap Nota Keuangan RAPBD 2004 dan Laporan Pertanggung-Jawaban (LPJ) Bupati Kukar pada 8 Maret lalu, pihak eksekutif melalui Drs H Samsuri Aspar MM selaku pelaksana tugas (Plt) Bupati Kukar memberikan tanggapannya terhadap pemandangan umum tersebut.

Tanggapan Bupati Kukar terhadap pemandangan umum lima fraksi DPRD tersebut disampaikan H Samsuri Aspar tadi pagi dalam Sidang Paripurna VIII DPRD yang dipimpin langsung ketuanya H Bachtiar Effendi.

Menanggapi sorotan Fraksi Golkar dalam pemandangan umumnya mengenai ketergantungan Kukar terhadap dana perimbangan dan kecilnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar yang hanya 1,16% dari APBD, dikatakan Plt Bupati Kukar bahwa pokok permasalahannya bukan dilihat dari ketergantungan terhadap dana perimbangannya.

"Karena tidak bisa kita pungkiri bahwa dana perimbangan yang cukup besar yang merupakan hak daerah sangat dominan dalam memacu pembangunan di daerah kita, yang menjadi persoalan pokok dalam hal ini adalah lebih mirip apa yang disebut dengan vicious circle," kata H Samsuri Aspar.

Ditambahkannya, persoalan financial distribution menjadi sangat krusial manakala terkait dengan jadwal program yang telah direncanakan pemerintah daerah. Tidak tepatnya waktu kucuran dana perimbangan dari pusat membuat program pembangunan menjadi terganggu.

"Kalau disebutkan bahwa porsi PAD kita lebih kecil dari APBD memang benar adanya. Dana perimbangan yang kita terima di satu sisi kita alokasikan untuk berbagai prioritas pembangunan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, sedangkan disisi lain kita alokasikan pula untuk pembangunan yang bersifat ekspansif yang nantinya diharapkan mampu memberi peningkatan PAD kita," demikian ujar H Samsuri Aspar seraya mencontohkan peningkatan PAD Kukar 2003 yang mencapai 106,28 %.

Sedikitnya ada 6 pertanyaan dan 10 saran yang diajukan lima fraksi DPRD Kukar dalam pemandangan umumnya yang ditanggapi Plt Bupati Kukar H Samsuri Aspar tadi pagi, yakni 1 pertanyaan dan 1 saran dari Fraksi Golkar, 4 pertanyaan dari Fraksi TNI/Polri, 1 saran dari Fraksi Amanat Keadilan Bangsa, 5 saran dari Fraksi Persatuan Indonesia serta 3 saran dan 1 pertanyaan dari Fraksi PDIP. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.