KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

Usai Direnovasi, Gereja St Pius X Tenggarong Diresmikan Bupati Kukar

Bupati Kukar H Syaukani HR saat meresmikan penggunaan Gereja St Pius X Tenggarong yang ditandai dengan pengguntingan pita
Photo: Humas Kukar / Agus


Penandatanganan prasasti peresmian Gereja Paroki St Pius X Tenggarong oleh Bupati Syaukani yang disaksikan Uskup Agung Samarinda Mgr Sului Florentius MSF (kanan)
Photo: Humas Kukar / Agus

KutaiKartanegara.com 30/08/04 17:35 WITA
Setelah direnovasi selama satu tahun lebih, akhirnya fisik gedung Gereja Paroki Santo Pius X Tenggarong yang merupakan tempat berhimpun sekaligus pusat pembinaan umat Katolik di Kutai Kartanegara (Kukar) diresmikan Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Sabtu (28/08) lalu.

Peresmian penggunaan gereja ini disaksikan oleh Uskup Agung bersama pimpinan Stasi dan umat katolik di lingkungan Paroki St Pius X Tenggarong yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan kunci Gereja oleh Bupati Syaukani yang kemudian dilanjutkan dengan ibadah pemberkatan Gereja oleh Uskup Agung Samarinda Mgr Sului Florentius MSF.

Menurut Ketua Dewan Paroki St Pius X Tenggarong, Rensus Simolango, setelah direnovasi kapasitas tampung gedung gereja ini meningkat dari sebelumnya yaitu maksimal sekitar 800 umat. Peningkatan kapasitas ini selain disebabkan adanya penambahan fisik gedung seperti diperpanjang hingga 8 meter juga perbaikan ventilasi, plafon, atap, altar dan mebel serta sound system. Yang menonjol dari renovasi ini adalah adanya bangunan baru berupa 2 menara kubah kembar di kiri kanan pintu masuk Gereja.

Menyinggung tentang dana renovasi menurutnya berasal dari berbagai pihak termasuk bantuan dari Pemkab Kukar. "Kontribusi umat juga sangat besar dalam menyelesaikan renovasi gedung gereja ini," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kukar H Syaukani HR berharap dengan diremajakannya gereja ini mampu mendukung dalam meningkatkan iman umat. Peningkatan iman umat sangat penting dalam rangka terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang bermutu, lanjut Syaukani, pada akhirnya dapat mendistribusikan kesejahteraan bagi sesama umat lain. Demikian katanya.

Gereja katolik Paroki St Pius Tenggarong hingga kini telah berusia kurang lebih 20 tahun dengan jumlah umat kurang lebih 4.000 orang. Gereja St Pius X memiliki 2 orang pastor dan membawahi 29 gereja tingkat Stasi yang tersebar di wilayah Kukar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.