KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Ribuan Umat Muslim Hadiri Haul Pangeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman

Makam Pangeran Noto Igomo yang selalu dikunjungi para peziarah

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 30/05/04 12:35 WITA
Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura tadi pagi menggelar haul Pangeran Noto Igomo dan Sultan Aji Muhammad Sulaiman Al-Adil Khalifatul Mukminin Fibiladil Kutai bertempat di Masjid Jami' Hasanuddin, Tenggarong.

Sebelum haul digelar, acara diawali dengan ziarah ke makam dua tokoh ini di pemakaman Kelambu Kuning dan pemakaman Keraton Kutai Kartanegara. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa dan tahlil serta maulid habsyi yang dilaksanakan masjid tertua di 'Kota Raja' Tenggarong tersebut.

Pada kesempatan tersebut dibacakan pula riwayat singkat Pangeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman oleh masing-masing keturunan dua tokoh tersebut. Menurut Drs Sayid Luthfi MM, Pangeran Noto Igomo merupakan gelar dari Habib Sayid Muhammad bin Ali bin Hasan bin Thoha bin Yahya, keturunan Nabi Muhammad SAW ke-34 yang mengabdikan diri kepada Kesultanan Kutai Kartanegara dalam mengajarkan agama Islam baik hukum-hukum syariat maupun tasawuf.


Habib Mustofa Al-Idrus berdiri didepan mimbar memberikan ceramah agama pada haul Pangeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman
Photo: Agri


Umat muslim kota Tenggarong dengan serius menyimak siraman rohani dari Habib Mustofa Al-Idrus
Photo: Agri

Sementara itu, kerabatan Kesultanan Kutai yang diwakili oleh H Aji Pangeran Adi Kesuma saat menyampaikan riwayat singkat Sultan AM Sulaiman mengatakan Sultan Kutai ke-17 ini dikenal sangat arif dan sangat memperhatikan urusan agama, salah satu contohnya adalah dengan selalu mengirimkan rakyatnya untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah setiap tahunnya.

"Bahkan beliau mewakafkan sebuah bangunan di Mekkah yang digunakan sebagai pemondokan selama berlangsungnya ibadah haji. Gelar Khalifatul Mukminin yang diberikan Kerajaan Arab Saudi membuktikan bahwa Sultan AM Sulaiman merupakan seorang pemimpin agama bagi rakyat Kutai Kartanegara," kata HAP Adi Kesuma.

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup H Samsuri Aspar mengatakan, keteladanan Sultan AM Sulaiman sebagai pemimpin yang memegang ajaran agama, juga kedermawanan dan kearifannya dalam menegakkan rukun Islam serta kesabaran, kepandaian dan keshalehan Pangeran Noto Igomo sudah seharusnya menjadi spirit bagi masyarakat Kukar dalam menegakkan ajaran dan tata nilai agama serta melakukan syiar Islam di tengah perubahan dan beratnya tantangan jaman.

Haul kedua tokoh ini dihadiri ribuan umat muslim ini diakhiri dengan siraman rohani dan pembacaan do'a yang dipimpin oleh Habib Mustofa Al-Idrus dari Jakarta. Tampak hadir pada acara ini diantaranya adalah para pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi, alim ulama dan kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara.

Sementara Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II yang biasanya hadir pada kegiatan ini terpaksa berhalangan karena masih beristirahat setelah sempat menjalani pengobatan dan operasi di Singapura. (win)


Suasana Masjid Jami' Hasanuddin yang dipadati ribuan umat muslim dari Tenggarong, Samarinda bahkan dari Kalimantan Selatan untuk mengikuti acara haul Pangeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman

Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.