KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Oktober 2004

Hasil Penelitian Tahap I Arkeologi Situs Kerajaan Kutai Dipresentasikan

KutaiKartanegara.com 29/10/04 00:23 WITA
Tim gabungan lintas instansi yang terdiri atas Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Universitas Negeri Malang (UNM) dan Badan Penelitian Arkeologi wilayah Kalimantan mempresentasikan hasil penelitian arkeologi tahap I terhadap beberapa situs Kerajaan Kutai.

Presentasi yang dilakukan di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (28/10) kemarin, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi serta pejabat Pemkab Kukar lainnya.

Menurut Kepala Balitbangda, Drs H Aji Surya Dharma MM, situs Kerajaan Kutai yang diteliti itu tersebar di 4 wilayah Kukar dan satu di wilayah Kutai Timur. Ke 4 wilayah di Kukar itu adalah kawasan Benua Lawas/Gunung Berubus dan Gunung Martapura di Kecamatan Muara Kaman, Desa Kutai Lama di Kecamatan Anggana, Kota Bangun dan Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu. Sedang di Kutai Timur terdapat di kawasan cagar budaya Gunung Kombeng.

Sementara anggota peneliti Drs H Gunadi M Hum dalam presentasinya mengatakan, kegiatan penelitian tahap I lebih difokuskan pada orientasi kawasan terteliti dan penjajakan terhadap tempat-tempat yang potensial memiliki kandungan informasi budaya masa lalu yang berkenaan dengan Kerajaan Kutai pada lintas masanya. Sedang pendekatan penelitian lebih diarahkan pada penelitian kolaboratif yaitu memadukan unsur arkeologi dengan sejarah.

Pendekatan penelitian seperti ini tambahnya jarang dilakukan namun dinilai efektif bila diterapkan dalam penelitian kerajaan Kutai yang memiliki cakupan wilayah penelitian yang cukup luas dan tersebar. "Dari hasil penelitian arkeologi yang dilakukan melalui penggalian di setiap situs ditemukan benda-benda purbakala seperti keramik, gerabah, batu besi dan manik-manik," ujarnya.

Sementara peneliti lainnya Drs M Dwi Cahyono M Hum mengakui Kerajaan Kutai merupakan tonggak awal sejarah Nasional Bangsa Indonesia. Namun sayang, tambahnya, informasi tentang kerajaan ini masih sangat minim, terbukti dalam banyak buku pelajaran sejarah tentang Kerajaan Kutai hanya dijabarkan dalam satu hingga dua alinea saja.

"Padahal keberadaan Kerajaan Kutai memiliki sumber data tertulis tertua yang pernah ada di Indonesia yaitu prasasti Batu Yupa," ungkapnya. Diharapkan Dwi Cahyono, dalam penelitian tahap II mendatang akan terungkap eksistensi Kerajaan Kutai yang sudah berdiri sekitar abad 4 hingga 5 masehi tersebut. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.