KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Muara Muntai Dilanda Kebakaran Besar

KutaiKartanegara.com 29/06/04 15:44 WITA
Sebuah kebakaran hebat melanda Kecamatan Muara Muntai, Minggu (27/06) malam lalu. Akibatnya, sebanyak 229 kepala keluarga harus kehilangan tempat tinggal setelah 211 bangunan hangus dilalap si jago merah. Sementara 897 jiwa harus kehilangan tempat mata pencaharian karena pasar maupun toko-toko yang ada di pusat perekonomian Muara Muntai ini turut terbakar.

Tak hanya itu, kebakaran besar yang menimpa 8 RT ini juga menghanguskan bangunan milik pemerintah seperti pelabuhan, rumah dinas, sekolah Taman Kanak-Kanak serta fasilitas umum seperti masjid dan langgar.

Menurut beberapa saksi mata, sumber api berasal dari sebuah rumah di RT 2 yang ditinggalkan penghuninya pada malam kejadian yang bertepatan dengan pemadaman listrik di kawasan tersebut.

Dikatakan Kapolsek Muara Muntai Iptu Ngadimin bahwa si pemilik rumah meninggalkan lilin yang masih menyala didekat kompor dan berangkat ke pasar malam. Akibat kelalaian tersebut, rumah warga yang terletak saling berdekatan dan kebanyakan terbuat dari kayu dengan mudah terbakar, apalagi saat itu angin berhembus cukup kencang.

Sementara itu, dikatakan Camat Muara Muntai M Syamsie Juhri SSos bahwa tidak ada korban jiwa pada musibah ini. Sedangkan kerugian materi yang diderita diperkirakan mencapai ratusan milyar rupiah mengingat kebakaran ini menimpa jantung perekonomian Muara Muntai.

Berita musibah kebakaran yang melanda Muara Muntai ini dengan cepat tersiar ke ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong. Orang nomor satu di Kukar Drs H Syaukani HR MM yang masih cuti dari jabatannya sebagai Bupati Kukar berkesempatan untuk meninjau langsung lokasi kebakaran, Senin (28/06) kemarin.

Dalam kunjungannya bersama Assisten IV Pemkab Kukar Drs H Basran Yunus MM, Kepala Badan Pengawas Daerah Kukar Drs Asrie Hamzah dan Kabag Kesra Ir Chairul Anwar, H Syaukani HR memberikan bantuan pribadi sebesar Rp 15 juta.

Menurut Assisten IV H Basran Yunus, Pemkab Kukar akan segera mengirimkan bantuan berupa sembako dan uang sebesar Rp 500 ribu bagi setiap kepala keluarga untuk meringankan penderitaan mereka. "Kami akan melakukan pendataan kembali para penduduk dan melakukan koordinasi dengan Bappeda dan Dinas Cipta Karya untuk menata ulang pemukiman warga," demikian kata H Basran Yunus. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.