KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pagelaran Seni di Hari Jadi Yayasan Lanjong

KutaiKartanegara.com 29/02/04 10:10 WITA
Lampu convention hall lantai dua Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) mulai dipadamkan. Hanya lampu sorot warna-warni yang menerangi panggung utama. Beberapa bocah dengan gayanya yang lugu memasuki pentas diiringi alunan electone yang membawakan sebuah lagu kanak-kanak.

Sesaat kemudian bocah-bocah ini mulai menyanyi. Melantunkan tembang yang iramanya sangat akrab di telinga anak-anak Indonesia, namun lagu yang ini syairnya telah dialihbahasakan kedalam bahasa Inggris. Ratusan penonton pun ikut bertepuk tangan mengiringi bocah-bocah tersebut menyanyi.


Bocah-bocah yang dengan penuh semangat melantunkan tembang berbahasa Inggris

Photo: Yanda

Usai penampilan mereka, enam gadis kecil dengan dandanan khas Kutai Melayu tampil di atas pentas membawakan tari Jepen bertajuk Jepen Kanak Halus. Iringan musik tradisi yang dimainkan langsung oleh para musisi Bengkel Seni Kutai Kartanegara membuat suasana jadi lebih hidup.

Begitulah suasana yang terekam tadi malam (28/02) pada Pagelaran Seni Yayasan Lanjong dalam rangka peringatan hari jadi yang pertama yayasan tersebut. Kegiatan yang dibuka oleh Drs H Setia Budi selaku Pembina Yayasan Lanjong tersebut diisi berbagai kreasi seni.


Salah satu aksi penari Jepen Seraong
Photo: Yanda

Ada lagu tingkilan, puisi berbahasa Inggris, tari Jepen maupun tari kontemporer persembahan para seniman-seniwati Kutai Kartanegara yang menyalurkan bakatnya melalui Yayasan Lanjong. Beberapa nomor yang disajikan diantaranya adalah tari Jepen Tungku, Jepen Kanak Halus, Jepen Pergaulan, Jepen Seraong dan Jepen Molah Begadoh. Dan di bagian penutup, pagelaran seni ini diakhiri dengan dua buah sajian Tari Kontemporer bertajuk Resah dan Entah.

Menurut Direktur Eksekutif Yayasan Lajong, Nurul Hidayati Dwinta Sari SE, pagelaran seni yang mengambil tema "Skenario Baru dalam Berkesenian" ini merupakan upaya untuk menjawab keinginan sejarah yang melatari berdirinya Yayasan Lanjong dengan meletakkan seni sebagai bagian dari lingkungannya yang didalamnya penuh dengan hal-hal baru atau malah 'nakal', dan itulah yang menjadi skenario baru dalam berkesenian.


Penampilan para penari Jepen yang didukung para musisi Bengkel Seni Kutai Kartanegara
Photo: Agri

"Bagi kami, seni adalah sumber kreatifitas dan interaksi subyek yang tak dapat dinilai hanya dengan ikatan seremonial atau kebesaran nama semata. Seni harus mengedepankan sisi nilai, baik sisi kemanusiaan maupun fungsi pemberdayaan atau peningkatan kualitas masing-masing individu," ujar Nurul Hidayati.

Kedepan, tambahnya, skenario besar yang menjadi skala prioritas adalah dimana seni tidak hanya menjadi ruang privasi namun meloncat kelua menjadi stimulus massal bagi regenerasi atau perpindahan peran penggerak seni, sehingga seni bukan menjadi hak milik para sesepuh tetapi juga menjadi kenikmatan generasi muda bangsa dan daerah.

Sementara itu menurut Manager Seni Budaya Yayasan Lanjong Hariyansa SE, kehadiran yayasan yang berdiri pada Januari 2003 ini diharapkan dapat memotivasi semangat berkesenian di Kutai Kartanegara dan menjadi sebuah pusat pendidikan yang terarah guna mewujudkan manusia-manusia berpendidikan, berbudaya, berakhlak serta sehat jasmani.

"Dan Pagelaran Seni Yayasan Lanjong ini merupakan wujud komitmen dari yayasan dalam menghimpun potensi dan kekuatan seni budaya Kutai secara luas," demikian kata Hariyansa yang juga koreografer/penata tari ini. (win/nop)


Penampilan salah seorang gadis remaja ketika membawakan lagu tingkilan dengan iringan musisi dari Bengkel Seni Kutai Kartanegara
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.