KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : September 2004

Pemkab Kukar Sampaikan Penjelasan Perhitungan APBD 2003
Kukar Hanya Terima Rp 1,80 Trilyun dari Dana Perimbangan Tahun 2003

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar ketika menyerahkan Nota Penjelasan Perhitungan APBD Kukar 2003 kepada Ketua DPRD H Bachtiar Effendi

Photo
: dprdkutaikartanegara.go.id

KutaiKartanegara.com 28/09/04 14:35 WITA
Tidak terealisasinya berbagai program yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) 2003, bukan berarti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar gagal dalam melaksanakan kewajibannya.

Hal tersebut semata-mata karena faktor non teknis yang tidak bisa dihindari yaitu tidak tercapainya target realisasi penerimaan yang bertumpu pada pos dana perimbangan sebesar Rp 1,80 trilyun atau 64,52% dari target yang ditetapkan sebesar Rp 2,79 trilyun.

Demikian hal tersebut diungkap Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM dihadapan Sidang Paripurna ke-15 DPRD Kukar, Senin (27/09) kemarin, saat menyampaikan Rancangan Perhitungan APBD Kukar tahun 2003 di Tenggarong.

Dikatakannya, dampak tidak turunnya secara penuh dana perimbangan dari pusat membawa akibat pula tidak tercapainya target penerimaan APBD dari Rp 2,99 triyun hanya terealisasi Rp 1,99 trilyun, sementara dalam pembiayaan rutin maupun pembangunan, Pemkab Kukar lebih mengandalkan pada pos perimbangan.

"Tidak tercapainya target penerimaan ini sangat berpengaruh terhadap program pembangunan yang telah direncanakan. Disamping itu, turunnya dana perimbangan ke daerah acapkali tidak tepat waktu," kata Samsuri Samsuri Aspar.

Sementara Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHK usai memimpin Sidang Paripurna ke-15 kemarin mengakui, kekurangan penerimaan dana perimbangan dari pusat itu juga terjadi di semua daerah Kabupaten/Kota di Indonesia.

"Selama kurun waktu 2003 hingga 2004 ini Pemerintah Pusat perlu dana yang cukup besar untuk berbagai kegiatan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian kata Bachtiar Effendi yang juga Wakil Ketua Umum dari Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) ini. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.