KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Eurocopter EC 120B, Heli Ringan yang Handal

Photo Montage: Agri

KutaiKartanegara.com 27/06/04 23:31 WITA
Pesawat helikopter bermesin tunggal produksi Eurocopter (Prancis) tipe Colibri EC 120B yang dioperasikan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan pesawat helikoper sipil pertama yang digunakan di Indonesia. Sebelumnya helikopter sejenis lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer seperti TNI AU dan Kepolisian Republik Indonesia.

Demikian hal tersebut diungkap pilot Kapten Mike Becker kepada KutaiKartanegara.com belum lama ini di Tenggarong. Menurut Mike, keunggulan helikopter ini dibanding helikopter sekelas lainnya terdapat pada penerapan teknologi terkini pada Eurocopter EC 120B ini.


Pilot Kapt Mike Becker saat menerbangkan Eurocopter diatas Pulau Kumala, Tenggarong

Photo: Yanda

Helikopter berkapasitas 5 orang termasuk pilot ini, tambah Mike, telah dilengkapi VEMD (Vehicle and Engine Multi-function Display) pada panel instrumen kokpit sehingga mampu mengurangi beban kerja pilot. Tak hanya itu, melalui teknologi ini pilot mampu mengetahui arah dan posisi helikopter saat ini serta posisi kota-kota yang akan dituju sehingga dijamin akan tepat pada sasaran.

"Keunggulan lain, pesawat helikopter ringan ini juga telah berhasil mereduksi kebisingan hingga 6,6 dB dibawah batas yang diterapkan ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional)," tambah pria asal Selandia Baru yang kini menetap di negara bagian Queensland (Australia) itu.

Dikatakan Mike Becker bahwa helikopter ini memiliki kemampuan terbang hingga sejauh 732 km dalam keadaan tangki telah terisi penuh oleh bahan bakar. Kecepatan Colibri EC 120B sendiri menurutnya tergantung dari kecepatan angin yakni mulai dari 191 km/jam (103 knots) hingga 279 km/jam (150 knots).


Salah satu kecanggihan helikopter ini adalah pada kemampuannya untuk mengetahui arah dan posisi helikopter saat itu berada

Photo: Agri

Saat membawa helikopter ini dari Australia menuju Tenggarong beberapa waktu lalu, Mike Becker yang didampingi Presiden Direktur Omega Aviation Inc Frank Hearney mengatakan mereka berhenti di 9 kota di Australia dan 9 kota di Indonesia.

"Kami berhenti untuk beristirahat dan mengisi bahan bakar setiap penerbangan telah menempuh jarak sekitar 300 mil (480 km). Hari Minggu (13/06) kami berangkat dari Sydney dan harus singgah di 9 kota lainnya di Australia," ujar pilot yang telah memiliki pengalaman terbang lebih dari 10.000 jam ini.

Setelah menyeberangi samudera Hindia, lanjut Mike, mereka juga sempat mendarat di kota Merauke, Timika, Nabire, Sorong dan bermalam di Ternate.  Dari Ternate, perjalanan dilanjutkan menuju Manado, Gorontalo, Palu hingga tiba di Tenggarong pada hari Selasa (15/06).

Kedatangan helikopter canggih di kota Tenggarong tersebut sempat menghebohkan para pegawai di Kantor Bupati Kukar, karena untuk pertama kalinya sebuah helikopter mendarat di halaman Kantor Bupati yang cukup kecil.

Sekedar informasi, helikopter berwarna tembaga ini merupakan pinjaman dari Omega Aviation Inc (Australia) untuk dioperasikan selama 6 bulan di Kukar sambil menunggu pesawat Eurocopter Colibri EC 120B yang baru tiba di Tenggarong. Helikopter ini selanjutnya akan dikelola oleh Perusda Tunggang Parangan sehingga dapat disewakan oleh pihak mana saja yang berkepentingan. (win/nop)

Berita Terkait:
Perusahaan Dirgantara Australia Pinjamkam Eurocopter (17/06/04)
Pesawat Eurocopter Hebohkan Kantor Bupati (16/06/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

Spesifikasi

Panjang Badan: 9,6 m

Panjang Badan (termasuk baling-baling): 11,52 m

Lebar: 2,6 m

Tinggi: 3,40 m

Diameter Baling-Baling: 10 m

Berat Standard: 960 kg

Beban Tambahan Maks: 700 kg

Berat Maks saat Take Off: 1.715 kg

Panjang Kabin: 2,30 m

Lebar Kabin: 1,35 m

Tinggi Kabin: 1,25 m

Penumpang: 3-4 orang

Bahan Bakar Maks:
325 kg (411 liter)

Kecepatan Maks:
279 km/jam (150 knots)

Kecepatan Ekonomis:
191 km/jam (103 knots)

Jangkauan (Full Tank):
732 km

Daya Tahan:
4 jam 18 menit (pada kec. 65 knots)

Kecepatan Naik Maks:
6,73 meter/detik

Mesin:
1 x Turboméca Arrius 2F

Kompetitor:
Bell 206B-3 JetRanger III

MD Helicopters MD 520Na

Produksi:
Eurocopter
Aeroport Marseille Provence
F-13725 Marignane Cedex
France

Sumber: Eurocopter.com

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.