KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Napak Tilas dan Pameran Pembangunan Dibuka Wakil Bupati

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar bersiap mengangkat bendera start untuk melepas peserta napak tilas
Photo: Agri


Para peserta yang dengan penuh semangat mengikuti kegiatan napak tilas perjuangan Merah Putih
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 27/01/04 00:39 WITA
Banyak kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan peringatan peristiwa Merah Putih ke-57 di Sanga-Sanga, seperti halnya kegiatan napak tilas dan pameran pembangunan yang dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Samsuri Aspar MM kemarin (26/01) sore.

Kegiatan pertama yakni Napak Tilas Perjuangan Merah Putih yang diikuti ratusan pelajar, pemuda dan kaum wanita ini dilepas Wakil Bupati H Samsuri Aspar sekitar pukul 16.30 WITA bertempat di taman Monumen Perjuangan Peristiwa Merah Putih, desa Sanga-Sanga Muara.

Dahulu, tepatnya pada tanggal 27 Januari 1947, di tempat tersebut terjadi peristiwa perobekan warna biru bendera Belanda oleh pejuang Sanga-Sanga sehingga yang tersisa hanyalah bagian merah-putihnya saja. Akhirnya, peristiwa heroik para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ini dikenal dengan nama Peristiwa Merah Putih.

Dan untuk memaknai peristiwa tersebut, kegiatan napak tilas ini digelar dan dijadikan agenda tetap pada setiap peringatan Peristiwa Merah Putih yang dimaksudkan untuk menyusuri jejak-jejak perjalanan yang dilakukan para pejuang dalam merebut dan mempertahakan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Walau sebagian jalan yang dilewati peserta napak tilas becek akibat hujan deras yang mengguyur bumi Sanga-Sanga kemarin siang, para peserta tetap dengan penuh semangat berjalan kaki sejauh kurang lebih 10 km hingga berakhir di jantung kota Sanga-Sanga.


Wakil Bupati H Samsuri Aspar tampak antusias memperhatikan arsip-arsip foto dan artikel masa revolusi kemerdekaan di stan milik para veteran Sanga-Sanga
Photo: Agri
 

Buka Pameran Pembangunan
Sementara itu, usai melepas para peserta napak tilas, Wakil Bupati Kukar dan rombongan kemudian menuju lapangan eks MTQ yang terletak disamping Kantor Camat Sanga-Sanga untuk membuka Pameran Pembangunan Merah Putih Gerbang Dayaku.

Wakil Bupati H Samsuri Aspar dalam sambutannya berharap agar dengan adanya pameran ini masyarakat Sanga-Sanga mengetahui permasalahan-permasalahan dalam pembangunan yang dihadapi maupun sejauh mana keberhasilan - keberhasilan yang telah dicapai.

Pembukaan pameran ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi yang turut serta bersama rombongan Wabup. Selanjutnya Wabup H Samsuri Aspar dan rombongan melakukan peninjauan terhadap beberapa stan pameran yang diikuti dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, sekolah-sekolah, perusahaan maupun DHD Angkatan 45. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.