KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Erau 2004 Batal Digelar, Festival Lampion Tetap Jalan

Panasnya situasi politik di Kukar akhirnya memaksa panitia membatalkan Erau 2004 dan Festival 5 Nusa 5 Benua
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 26/12/04 18:41 WITA
Kekisruhan politik di Kutai Kartanegara (Kukar) pasca dilantiknya H Awang Dharma Bakti sebagai Penjabat Bupati Kukar ternyata berdampak terhadap rencana penyelenggaraan Erau 2004 dan Festival 5 Nusa 5 Benua yang sedianya akan digelar besok (27/12) hingga 3 Januari 2005.

Pesta adat, seni dan budaya terbesar di Kukar tersebut akhirnya batal dilaksanakan akhir tahun ini. Namun demikian sejumlah kegiatan seperti Festival Lampion Raksasa dari China dan Pasar Rakyat tetap dilaksanakan.

Demikian hal tersebut diungkap Ketua Umum Panitia Pelaksana Erau 2004, Drs H Aji Muhammad, kepada KutaiKartanegara.com, Sabtu (25/12) kemarin.

Menurut Aji Muhammad, situasi dan kondisi ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara yang belakangan ini marak dengan aksi demo sangat berpengaruh dengan rencana penyelenggaraan Erau 2004.

"Situasinya sangat tidak kondusif untuk penyelenggaraan Erau jika demo masih terus berlangsung," kata pria yang akrab disapa Aji Maman ini.

Ditambahkan Aji Muhammad, pihaknya telah membatalkan kontrak dengan Siti Nurhaliza, ketika situasi politik di Tenggarong mulai memanas. Artis cantik asal negeri jiran Malaysia tersebut semula memang dijadwalkan akan menghibur masyarakat Tenggarong pada malam upacara pembukaan Erau 2004 tanggal 27 Desember.

Tanda-tanda batalnya pagelaran Erau 2004 ini mulai tampak setelah terjadi kekacauan politik di Kukar ketika H Syaukani HR secara mendadak diberhentikan dari jabatannya sebagai Bupati Kukar dan digantikan H Awang Dharma Bakti atas rekomendasi Gubernur Kaltim.

Pasca pelantikan Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kukar pada 13 Desember 2004, sejumlah pembangunan sarana dan prasarana Erau 2004 dihentikan. Beberapa hari kemudian, para sukarelawan pendukung tari massal pun menghentikan aktivitasnya dalam berlatih tari. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.