KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Peringatan Hari Anti Narkoba se-Dunia di Kukar
Wabup Kukar Musnahkan Ribuan Butir Narkoba

Suasana upacara peringatan Hari Anti Narkotika se-Dunia yang dipimpin Wabup H Samsuri Aspar di halaman Kantor Bupati Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 26/06/04 17:30 WITA
Hari Anti Narkoba se-Dunia yang jatuh pada hari ini diperingati dalam sebuah upacara bendera yang berlangsung tadi pagi di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Teng-garong.

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM selaku inspektur upacara ini diikuti oleh ratusan peserta diantaranya adalah para pelajar tingkat SD, SLTP hingga SLTA yang ada di Tenggarong, mahasiswa, organisasi kepemudaan, PNS Pemkab Kukar, personel Satpol PP Kukar, Polres Kutai dan Kodim 0906 Tenggarong.

Ketua Badan Narkotika Nasional Jenderal Pol Drs Da'i Bachtiar SH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup H Samsuri Aspar mengatakan Hari Anti Narkoba se-Dunia ini ditetapkan oleh United Nations Office for Drugs and Crime (UNODC) sebagai upaya melawan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba.


Inilah barang bukti berupa ribuan butir narkoba yang telah diputuskan perkaranya di PN Tenggarong sebelum dimusnahkan

Photo: Agri

"Peringatan hari internasional tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan dan menyadarkan seluruh bangsa dan negara di dunia tentang betapa seriusnya ancaman atau bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehingga menjadi tanggung-jawab bersama untuk memeranginya," ujar Kapolri Jend Da'i Bachtiar dalam amanat tertulisnya.

Menurutnya, sesuai tema internasional "Treatment Works" atau perawatan bagi penyalahgunaan narkoba adalah bermanfaat, maka pada peringatan tahun ini bangsa Indonesia mengangkat tema nasional yakni "Melalui Pendayagunaan Terapi dan Rehabilitasi Terpadu, Kita Selamatkan Bangsa Indonesia dari Bahaya dan Dampak Penyalahgunaan Narkoba".

Untuk itu, Ketua Badan Narkotika Nasional mengajak para orangtua atau keluarga dari penyalahguna narkoba untuk mendorong yang bersangkutan agar mau mengikuti program terapi dan rehabilitasi.


Wabup H Samsuri Aspar saat melakukan pembakaran terhadap barang bukti berupa ribuan butir narkoba didampingi Gaos Wicaksono SH dari Kejaksaan Negeri Tenggarong
Photo: Agri


Wabup Samsuri Aspar menyaksikan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti Narkoba oleh salah seorang saksi
Photo: Agri

"Permasalahan penyalahguna-an dan peredaran gelap narkoba di Indonesia saat ini telah menjadi ancaman serius terhadap berbagai sendi kehidupan bangsa dan negara. Terbukti dari peningkatan jumlah kasus, tersangka, barang bukti dan penyalahguna narkoba," ujar Kapolri seperti disampaikan Wabup Samsuri Aspar.

Ditambahkannya, jumlah kasus narkoba meningkat tajam dari 1.830 kasus pada tahun 1999 menjadi 7.140 kasus pada tahun 2003 atau meningkat sebesar 290% dalam kurun waktu 5 tahun. Sedangkan jumlah tersangka tindak kejahatan narkoba juga meningkat tajam dari 2.590 orang (1999) menjadi 9.795 orang (2003) atau naik 278% dalam 5 tahun.

Di bagian akhir sambutannya, Jend Pol Da'i Bachtiar mengatakan bahwa peringatan Hari Anti Narkoba se-Dunia yang dilaksanakan secara massal ini dimaksudkan untuk menunjukkan keprihatinan massal akan ancaman prahara kemanusiaan akibat penyalah-gunaan dan peredaran gelap narkoba, guna membangkitkan semangat dan daya segenap bangsa Indonesia untuk melawannya. Demikian katanya.

Puncak peringatan Hari Anti Narkoba se-Dunia di Kukar tadi pagi ditandai pula dengan pemusnahan barang bukti berupa ribuan butir narkoba oleh Wabup H Samsuri Aspar dan para pejabat Muspikab Kukar lainnya. Barang bukti narkoba yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut terdiri dari 3 butir Ectasy, 9 paket Sabu-Sabu, 49 butir Lexotan, 1.467 butir Nipam dan 9.602 butir obat keras jenis LL.

Acara kemudian diakhiri dengan pelepasan peserta pawai anti Narkoba oleh Wabup Samsuri Aspar dari depan pintu gerbang Kantor Bupati Kukar. Dengan membawa puluhan spanduk dan poster berisi slogan-slogan anti narkoba, peserta pawai berjalan kaki sejauh 4 km mulai Jalan Wolter Monginsidi, Jl KH Akhmad Muksin, Jl Jenderal Sudirman hingga berakhir di Pasar Seni Tepian Pandan. (win)


Ratusan peserta pawai saat melakukan long march sejauh 4 km dengan membawakan pesan-pesan anti penggunaan narkoba di Kukar
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.