KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Inggris Siap Investasi Nilam di Kukar

KutaiKartanegara.com 26/05/04 22:48 WITA
Besarnya kontribusi minyak nilam di pasaran dunia dalam mendukung industri material aromatik atau bahan pengikat aroma wangi mulai dari industri makanan dan kosmetika membuat para investor mancanegara berani menanamkan modalnya dalam pembangunan perkebunan skala besar tanaman nilam.

Cerahnya prospek tanaman nilam sebagai bahan baku strategis tersebut ternyata dilirik banyak investor dalam dan luar negeri, salah satunya adalah PT Botan Agra Indonesia Jakarta yang Selasa (25/05) kemarin menyampaikan minatnya kepada Pemkab Kukar di Tenggarong.

PT Botan Agra Indonesia Jakarta dalam merealisasikan minatnya untuk membuka perkebunan nilam di Kukar ini akan menggandeng pihak investor dari Inggris.

Menurut Staf Ahli Bupati Kukar bidang Industri, Drs Umriansyah yang menerima kunjungan jajaran direksi PT Botan Agra Indonesia beserta mitra strategisnya dari Inggris mengemukakan, Pemkab Kukar mendukung sepenuhnya minat investor untuk menanamkan investasinya di daerah ini.

"Kami akan memberikan kemudahan yang luas bagi investor termasuk dalam menyediaan lahan. Oleh sebab itu, kami menyambut baik keinginan PT Botan Agra Indonesia untuk membuka perkebunan nilai di daerah ini," ujar Drs Umriansyah.

Sementara itu Dirut PT Botan Agra Indonesia, Drs J Hariyadi, mengungkapkan untuk merealisasikan minatnya membuka perkebunan nilam skala besar di Kukar ini pihaknya paling tidak membutuhkan lahan sekitar 5.000 hektare.

"Sebagai langkah pertama investasi ini kami harus memiliki lahan terlebih dahulu. Di Kukar ini banyak lahan tidur dan kami telah menyeleksi beberapa lahan yang layak untuk itu diantaranya terdapat di daerah Jonggon, Kecamatan Loa Kulu," kata Drs J Hariyadi didampingi mitranya dari Botan Agra Inc, Stephen S PhD.

Diharapkannya, perkebunan nilam ini segera terwujud dalam tahun 2004 karena persiapan ke arah itu sudah final di pihak mereka. "Yang jelas proposoal sudah diserahkan, dengan demikian kami hanya menunggu lampu hijau dari Pemkab Kukar," tandas J Hariyadi.

Menjawab tantangan PT Botan Agra Indonesia tersebut, dikatakan Kepala Dinas Perkebunan Kukar Ir M Fadli Ardin MM bahwa bila PT Botan Agra Indonesia memilih lahan di Jonggon maka pihaknya siap menyediakan lahan seluas 6.000 hektare.

"Lahan di wilayah tersebut adalah lahan bekas pemukiman transmigrasi yang tidak dikelola lagi. Sedang tenaga kerja lokal tidak menjadi masalah karena cukup tersedia disana," demikian kata Ir M Fadli Ardin MM.

Sekedar informasi, tanaman nilam (Pogostemon sp) merupakan tanaman penghasil minyak atsiri yang sangat diminati konsumen dan industri luar negeri karena esential oilnya hingga saat ini belum dapat diproduksi secara sintetis.

Di Indonesia tanaman ini umumnya masih dibudidayakan secara tradisional dalam bentuk perladangan berpindah. Sedang sentra produksi utama minyak Nilam terdapat Sumatera Utara dan Aceh. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.