KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Mahasiswa FT Unikarta Gelar Donor Darah untuk Korban DBD

Petugas PMI Kukar saat memeriksa tekanan darah seorang mahasiswa sebelum donor darah dimulai
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 25/03/04 16:28 WITA
Semakin meningkatnya jumlah korban wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Kutai Kartanegara (FT Unikarta) Tenggarong terpanggil untuk menyumbangkan darah mereka melalui kegiatan Teknik Peduli Demam Berdarah yang berlangsung tadi pagi di kampus Unikarta.

Kegiatan donor darah yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT Unikarta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar ini diikuti para mahasiswa, dosen dan staf Unikarta.

Menurut Ketua Panitia, Rojiin, kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu korban demam berdarah dan merupakan perwujudan dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. "Walau ini kecil tapi kita ingin ikut meringankan beban korban DBD," ujar Rojiin yang juga mahasiswa jurusan Teknik Geologi Semester IV.


Seorang mahasiswa FT Unikarta ketika mendonorkan darahnya
Photo: Yanda

Selain menggelar kegiatan donor darah, lanjut Rojiin, pihaknya juga akan menggalang dana bagi para korban demam berdarah yang tidak mampu.

Dalam kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat terkumpul sedikitnya 30 kantong darah untuk disumbangkan kepada PMI. Namun demikian, PMI memberikan kesempatan kepada mahasiswa atau masyarakat untuk sewaktu-waktu menyumbangkan darahnya.

"Kalau ada mahasiswa atau masyarakat yang belum sempat mendonor, kami akan catat biodatanya agar sewaktu-waktu jika diperlukan dapat dihubungi karena ini berkaitan dengan usia darah itu sendiri yang hanya bisa bertahan selama 35 hari," ujar Yulia dari Unit Tranfusi Darah PMI Kukar.

Menurut Yulia, selanjutnya darah yang telah didonorkan akan diperiksa terlebih dahulu terhadap kemungkinan adanya penyakit seperti AIDS atau hepatitis, setelah diperiksa tidak ditemukan penyakit baru disimpan di Bank Darah. Ditambahkannya, selama ini PMI Kukar agak kesulitan mendapatkan stok golongan darah O dan AB. (nop/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.