KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Bupati Kukar: PAD Meningkat Tapi Tidak Capai Target

Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM

Photo: Zoel

KutaiKartanegara.com 25/02/04 00:40 WITA
Kendati selama tahun anggaran 2003 Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak mencapai target yang ditetapkan. Namun dilihat dari sisi jumlah yang dihimpun pos PAD mengalami peningkatan yang berarti dari tahun sebelumnya yakni dari Rp 16,55 milyar pada tahun 2002 meningkat menjadi Rp 34,14 milyar pada tahun 2003.

Demikian hal tersebut diungkap Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM pada Sidang Paripurna ke-5 DPRD Kukar yang dipimpin ketuanya H Bachtiar Effendi dengan acara tunggal penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Akhir Tahun Anggaran 2003 di Tenggarong, Selasa (24/2) kemarin.

Menurut Syaukani, pos bagian PAD yang tidak mencapai target itu terdiri dari Pos Pajak Daerah dan Pos Retribusi Daerah. Sedang pos bagian PAD yang mengalami peningkatan yaitu pada Pos Laba Usaha Daerah dan Pos Lain-lain PAD Yang Sah.

"Namun demikian, secara keseluruhan PAD Kukar tahun anggaran 2003 mengalami peningkatan dari tahun 2002 lalu. Hal ini sebagai bukti bahwa Pemkab Kukar benar-benar serius dan bersemangat dalam menggali potensi kekayaan daerah," kata Syaukani.

Pos yang mengalami penurunan penerimaan seperti pos Pajak Daerah, pos ini ditargetkan sebesar Rp 4,84 milyar namun realisasinya hanya berkisar Rp 4,09 milyar. Sedang pada pos retribusi daerah hanya terealisasi Rp 3,66 milyar dari target yang ditentukan sebesar Rp 7,09 milyar.

Sementara untuk pos PAD yang mengalami peningkatan yaitu Pos Bagian Laba Usaha Daerah yang ditargetkan sebesar Rp 8,39 milyar ternyata dapat direalisasikan dalam jumlah yang signifikan yaitu sebesar Rp 22,35 milyar. Sedang Pos Lain-lain PAD Yang Sah ditargetkan sebesar Rp 3,96 milyar namun dapat direalisasikan sebesar Rp 4,03 milyar.

Menyinggung tentang bagian dana perimbangan yang penerimaannya tidak mencapai target pada tahun anggaran 2003 lalu diakui Syaukani sebagai kendala tersendiri bagi Pemkab untuk memacu pembangunan. Seperti tertundanya berbagai kegiatan proyek pembangunan baik fisik maupun non fisik. Namun dijanjikan olehnya proyek-proyek yang tertunda itu tetap akan diluncurkan pada tahun 2004 ini. Demikian katanya. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.