KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Menengok Keseharian Masyarakat di Sepanjang Sungai Tenggarong


Photo: Yanda


Menyusuri sungai Tenggarong dengan menggunakan perahu motor yang memberikan keasyikan tersendiri

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 25/01/04 10:30 WITA
Sekelompok bocah satu per satu terjun bebas dari tepi salah satu jembatan yang membentang diatas sungai Tenggarong. Tepi jembatan yang berada di ketinggian 6 meter dari atas permukaan air sungai ini tak membuat nyali bocah-bocah ini ciut akan bahaya yang dapat mengancam setiap saat, malah mereka berulang kali melakukan aksi terjun bebas dengan berbagai macam gaya.

Wajah-wajah ceria terpancar dari wajah bocah-bocah ini setelah tubuh mereka berhasil menghunjam permukaan air sungai dengan deburan yang cukup keras, menyelam beberapa saat dan berenang ke tepian serta kembali menuju jembatan untuk mengulang aksi serupa.


Dua orang bocah yang tampak asyik bermain perahu kecil buatan mereka sendiri

Photo: Yanda

Tak jauh dari mereka, sekelompok bocah lainnya tampak asyik bermain perahu kecil yang terbuat dari lembaran plywood dan papan. Ada pula yang bermain-main dan berenang di sungai yang membelah 'Kota Raja' Tenggarong ini, sementara ibu mereka tampak sibuk mencuci pakaian di jamban atau batang kayu besar yang dirangkai dengan papan-papan yang mengapung di tepi sungai.

Semua itu hanyalah sebagian kecil dari berbagai aktivitas kehidupan warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Tenggarong. Dengan menggunakan perahu motor menyusuri sungai Tenggarong, Anda akan menyaksikan lebih banyak lagi sisi-sisi lain kehidupan keseharian sebagian masyarakat Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang kini terus bersolek mempercantik diri dengan berbagai fasilitas modern untuk menjadi kota wisata utama di Kalimantan Timur.


Sungai Tenggarong masih menjadi tempat bermain yang mengasyikkan bagi anak-anak

Photo
: Agri


Dua orang anak kecil ketika sedang mandi di belakang rumahnya
Photo
: Agri

Walau kawasan sungai Tenggarong terkesan kumuh dengan deretan rumah-rumah kayu milik warga bukanlah suatu kawasan wisata yang patut dibangga-banggakan oleh Pemkab Kukar seperti halnya Planetarium Jagad Raya atau pun Pulau Kumala, namun aktivitas keseharian warga yang tinggal di bantaran sungai ini baik di pagi atau sore hari sebenarnya sangat menarik untuk diperhatikan.

Bagaimana tidak, sungai Tenggarong yang warnanya cukup pekat dan telah tercemar dengan sampah dan limbah rumah tangga ini tetap saja dimanfaatkan sebagian warga yang tinggal di sepanjang sungai tersebut untuk memancing ikan, bermain, mandi, mencuci, membuang hajat atau bahkan sebagai bahan baku untuk memasak setelah sebelumnya disaring.

Ketergantungan masyarakat terhadap sungai ini tentunya merupakan salah satu warisan budaya masa lampau yang tak hanya dapat dijumpai di Tenggarong saja, namun juga dapat ditemukan di kota-kota utama pulau Kalimantan lainnya dan di wilayah pedalaman.

Dan kelak, tak menutup kemungkinan pemukiman di tepi sungai ini akan menjadi kenangan semata bila Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara merelokasi pemukiman warga sepanjang sungai ini untuk pengembangan pariwisata atau memperindah kota, disamping masyarakat mulai meninggalkan budaya kehidupan di tepi sungai untuk bermukim di tempat yang lebih layak seiring dengan meningkatnya kesejahteraan mereka. (win/nop/zej)


Salah satu pemandangan kehidupan masyarakat di sepanjang sungai Tenggarong
Photo
: Yanda


Cerianya anak-anak saat mandi di sungai Tenggarong

Photo
: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!


Siluet para bocah diatas sebuah jembatan sebelum meloncat ke Sungai Tenggarong. Untuk melihat foto ukuran besar, klik disini.

Download Video Clip:
Aksi Terjun Bebas Bocah Tenggarong (1.09 MB)

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.