KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Kepala LIPI: Budayakan Penelitian di Kalangan Remaja

  Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 24/06/04 15:15 WITA
Sumber daya alam yang terkandung didalam bumi pada suatu waktu akan menipis dan bahkan habis sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk. Tetapi kreativitas sumber daya manusia (SDM) tidak akan pernah pupus bahkan akan menuju inovasi dan invensi bila para remaja terus dibina sejak dini melalui kegiatan ilmiah sebagai human investment.

Demikian hal tersebut diungkap Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Umar Anggara Jennie MSc Apt saat membuka kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional III 2004 di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Selasa (22/06) lalu.

Kepala LIPI juga meminta kepada seluruh remaja di daerah untuk tidak berkecil hati atau minder dengan remaja lain dari kota besar dalam melakukan penelitian ilmiah karena ia yakin semua remaja memiliki kemampuan yang sama baik di Indonesia sendiri bahkan di negara-negara maju.

"Saya yakin jika para remaja Tenggarong maupun kota-kota lainnya di Kaltim selalu memupuk kreativitas, suatu saat kelak akan menjadi iluwan yang handal," ujar Umar A Jennie.

Untuk itu Kepala LIPI berharap agar setiap kabupaten/kota atau provinsi di Indonesia secara rutin menggelar kegiatan perkemahan ilmiah bagi para remaja sehingga dengan demikian para remaja putra daerah akan terbiasa melakukan penelitian dan diharapkan dapat membudaya di kalangan remaja. 

Selanjutnya, menurut Kepala LIPI, hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah tersebut dapat diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah tingkat nasional seperti Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang digelar LIPI maupun Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) yang diselenggarakan Departemen Pendidikan Nasional.

Dalam upaya membudayakan penelitian ilmiah di kalangan remaja, Umar A Jennie juga berharap kepada seluruh media massa untuk lebih banyak mempubilkasikan kegiatan-kegiatan ilmiah remaja.

Sehingga dengan demikian, masyarakat juga akan menghargai para remaja berprestasi di bidang iptek seperti halnya para remaja yang berprestasi di bidang olahraga dan seni. Demikian kata Kepala LIPI Profesor Umar Anggara Jennie. (win)

Baca Juga:
Kepala LIPI Buka Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional III (22/06/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.