KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemasangan Alat Peraga Kampanye Kembali Ditertibkan

Pemasangan bendera/atribut parpol di Kukar kini akan ditertibkan lagi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 24/03/04 14:41 WITA
Memasuki hari ke-12 masa kampanye Pemilu 2004, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Kartanegara (Kukar) sejak kemarin (23/03) melakukan penertiban terhadap beberapa bendera dan atribut partai politik (parpol) peserta Pemilu yang terpasang menyalahi aturan di sejumlah tempat.

Penertiban ini dilakukan menyusul keluarnya Surat Keputusan (SK) Bupati Kukar tentang Penetapan Tempat/Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Tempat/Lokasi Kampanye di Ruangan Terbuka di Ibukota Kabupaten Kukar dan Ibukota Kecamatan di Wilayah Kabupaten Kukar.

Kepala Bidang Penyelesaian Sengketa Panwaslu Kukar Drs Ikhsan A Siregar mengakui bahwa SK Bupati Kukar No 180.188/HK-38/2004 tertanggal 5 Maret 2004 tersebut terlambat dikeluarkan dan baru diterimanya kemarin. "Dengan diterimanya SK Bupati Kukar ini kami melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab Kukar melalui Satpol PP untuk melakukan penertiban kembali," ujar Ikhsan A Siregar.


Pemasangan bendera parpol diatas jembatan yang telah melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam SK Bupati
Photo: Agri

Dikatakannya, memang pi-haknya melihat banyak pe-nyimpangan dalam pema-sangan alat peraga kampanye parpol di Kukar ini. Namun karena SK Bupati belum juga turun, akhirnya Panwaslu tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal menurutnya lokasi atau tempat pemasangan alat peraga kam-panye seperti poster, spanduk, bendera dan atribut parpol peserta Pemilu 2004 di Kukar sebelumnya sudah disetujui melalui kesepakatan bersama seluruh parpol peserta Pemilu di Kukar pada tanggal 3 Februari 2004 lalu.

"Namun kesepakatan ini nampaknya tidak diindahkan setiap parpol. Mereka (parpol peserta Pemilu) nampaknya terlalu bersemangat dalam masa kampanye ini sehingga lupa dengan kesepakatan itu," kata Ikhsan A Siregar lagi.

Dalam SK Bupati tersebut disebutkan bahwa tempat-tempat pemasangan alat peraga kampanye di kota Tenggarong adalah sepanjang 5 km dari Jalan Wolter Monginsidi, Jalan KH Akhmad Muksin hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian di jalan-jalan dalam kota Tenggarong kecuali bundaran simpang empat Jembatan Bongkok,  Monumen Pancasila, seluruh jembatan dalam kota Tenggarong, tempat umum seperti pasar, tempat ibadah dan Rumah Sakit serta kantor-kantor pemerintah.

Menurut Kepala Satpol PP Kukar H Otoy Usman, pihaknya telah menemui 24 pimpinan parpol peserta pemilu di Kukar Selasa (23/03) kemarin agar menertibkan sendiri alat peraga kampanyenya masing-masing. "Kami meminta kepada pimpinan parpol di Kukar agar mentaati kesepakatan bersama itu. Bila mereka tidak juga melakukan penertiban alat peraga kampanye, maka aparat kami sendiri yang akan menurunkannya," demikian tegas Otoy Usman. (joe/win/nop)


Salah satu sudut jalan didalam kota Tenggarong menjadi tempat pemasangan bendera beberapa parpol peserta Pemilu 2004
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.