KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Warga Dayak Dukung Syaukani, Tolak Awang Dharma Bakti

Warga Dayak Kukar menyatakan setia terhadap Syaukani dan menuntut pencabutan SK Mendagri yang menetapkan Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 23/12/04 06:50 WITA
Ratusan warga Dayak yang tergabung dalam Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar aksi unjukrasa menolak H Awang Dharma Bakti sebagai penjabat Bupati Kukar, Rabu (22/12) siang, di gedung DPRD dan Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Warga Dayak yang berunjukrasa dengan mengenakan pakaian adatnya yang unik dan khas ini mampu menarik menarik perhatian warga atau ribuan massa pendukung H Syaukani HR lainnya saat melakukan long march dari gedung DPRD menuju Kantor Bupati Kukar.

Dalam aksi demo gabungan bersama beberapa elemen masyarakat di Kantor Bupati Kukar, warga Dayak berorasi menuntut pencabutan SK Mendagri mengenai pengangkatan Awang Dharma Bakti sebagai penjabat Bupati Kukar. Warga Dayak juga menyatakan masih menginginkan H Syaukani HR menjabat sebagai Bupati Kukar.


Para demonstran Dayak ketika meneriakkan yel-yel dukungan terhadap H Syaukani HR
Photo: Yanda


Warga Dayak sempat bersitegang dengan aparat keamanan
Photo: Yanda

Menurut salah seorang Kepala Adat suku Dayak, selama masa kepemimpinan Syaukani warga Dayak mulai terangkat dari keterasingan. Selain itu, Syaukani dinilai berhasil dalam memimpin dan melaksanakan pembangunan di Kukar.

Sementara itu, sempat terjadi ketegangan antara perwakilan warga Dayak dan elemen masyarakat lainnya dengan pihak keamanan. Hal ini dikarenakan para perwakilan demonstran tersebut ingin melakukan pencarian terhadap Awang Dharma Bakti di Kantor Bupati Kukar tersebut.

Setelah dizinkan memasuki Kantor Bupati Kukar, para pendemo ini mulai menyisir ruang-ruang pejabat teras Pemkab Kukar untuk mencari Awang Dharma Bakti. Namun pencarian tersebut sia-sia, karena Awang Dharma Bakti memang tidak ngantor, Rabu kemarin.

Usaha penyisiran yang dilakukan massa pendukung Syaukani HR ini ternyata malah membuat beberapa pegawai di Kantor Bupati Kukar berhenti melakukan aktivitasnya dan bergegas pulang meninggalkan kantor.

Apalagi sebelumnya sempat terjadi bentrokan antara aparat keamanan dengan pengunjukrasa pada Rabu pagi, sehingga membuat suasana Kantor Bupati Kukar menjadi cukup mencekam.

Dari pantauan KutaiKartanegara.com pada Rabu siang tersebut, suasana Kantor Bupati Kukar tampak sepi dan lengang. Bahkan ada beberapa ruang pada beberapa Sub Bagian yang tampak kosong sama sekali alias telah ditinggalkan pegawainya.

Selain itu, dua pintu gerbang Kantor Bupati Kukar yang berada di Jalan Wolter Monginsidi telah ditutup aparat keamanan dengan blokade kawat berduri. Sehingga para pegawai atau tamu yang hendak melakukan urusan di Kantor Bupati harus melewati pintu samping yang terletak di Jalan Kadrie Oening. (win/nop)


Ratusan warga Dayak bergabung dengan ribuan massa pendukung Syaukani lainnya ketika melakukan aksi unjukrasa di Kantor Bupati Kukar, Tenggarong
Photo: Yanda

Berita Terkait:
Aparat Keamanan Bubarkan Massa yang Blokir Kantor Bupati (22/12/04)

DPRD Harap Keputusan Mendagri Berpihak Pada Rakyat Kukar (20/12/04)

Sultan Kutai Minta Mendagri Tinjau Ulang Pengangkatan Awang Dharma Bakti (19/12/04)

Depdagri: Penunjukan Awang Dharma Bakti Sesuai Prosedur (15/12/04)

DPRD Kukar Tetap Akui Syaukani Sebagai Bupati (14/12/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.