KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Nopember 2004

Syaukani: Sulit Pembebasan Lahan di Kukar

KutaiKartanegara.com 23/11/04 19:10 WITA
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM mengakui, untuk melakukan pembebasan lahan di wilayahnya sering terjadi tumpang tindih kepemilikan lahan. Hal ini menyulitkan Pemkab Kukar untuk menyediakan lahan bagi investor untuk menanamkan modalnya.

Hal tersebut diungkapkan Syaukani saat menghadiri road show PT Agricinal Bengkulu tentang Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit tadi pagi di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

"Terus terang sebagai kepala wilayah, saya merasa malu terhadap kondisi masyarakat Kukar seperti ini," ujar Syaukani. Untuk itu Syaukani mengajak semua pihak untuk saling menyadari kondisi yang tidak menguntungkan bagi pembangunan jangka panjang di daerah ini.

"Bayangkan saja, ada satu lahan masyarakat yang telah dibebaskan, ternyata kemudian diakui kembali oleh masyarakat lainnya hingga 4 kali," keluhnya. Syaukani juga menengarai ada provokator dibalik beberapa pembebasan lahan di Kukar.

Oleh Syaukani, seyogyanya masyarakat menyadari praktek-praktek yang kurang menguntungkan terhadap gerak dan laju pembangunan di Kukar. Jangan sampai masyarakat kita berpikir untuk meraih keuntungan jangka pendek dan melupakan pembangunan jangka panjang yang lebih baik.

Menyinggung tentang keinginan membangun perkebunan kelapa sawit, menurut Syaukani sebenarnya didorong selain oleh luasnya wilayah juga masih banyak terdapat lahan tidur atau lahan tidak produktif yang terdapat di Kukar. Untuk pembangunan perkebunan kepala sawit ini menurutnya didasarkan pada konsep yang berbasis pada Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dimana direncanakan untuk plasma atau petani sebesar 80 persen dan sisanya inti 20 persen.

Direncanakan Pemkab Kukar dalam merealisasikan pembangunan perkebunan kelapa sawit ini akan bekerjasama dengan dengan pihak PT Agricinal Bengkulu dengan luas awal 1.000 hektar, direncanakan nota kesepakatannya dapat dilakukan akhir tahun ini di Tenggarong. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.