KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Aksi Jum'at Bersih Berhadiah di Desa Tanah Datar

Suasana kegiatan Jum'at Bersih di sekitar Totem Simpang 3 Badak-Samarinda-Bontang
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 23/07/04 23:28 WITA
Janji Kepala Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), untuk mengerahkan massa turun ke jalan ternyata bukan hanya isapan jempol. Terbukti pada Jum'at (23/07) pagi sejak pukul 07.15 WITA sekitar 500 warga tumpah ruah turun ke jalan dam membuat lalu-lintas di sepanjang jalan mulai dari depan kantor desa hingga ke pertigaan jalan poros Samarinda-Badak-Bontang agak tersendat.

Apalagi seluruh warga yang datang dilengkapi pula dengan berbagai senjata tajam seperti parang, golok, mandau, arit dan cangkul. Dalam aksi tersebut juga terlihat ibu-ibu dan para gadis membawa sapu. Aksi yang dilakukan oleh ratusan warga tersebut tak lain adalah dalam rangka pelaksanaan Karya Bhakti Jum'at Bersih yang digelar Muspika Muara Badak bersama perusahaan migas VICO Indonesia sebagai sponsor.


Anggota Koramil Muara Badak bersama warga saat membersihkan halaman rumah dinas paramedis Tanah Datar
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Di pinggir jalan dekat posko dipasang 2 lembar plywood untuk menempelkan kertas karton untuk mendata nama dan jumlah peserta sesuai undangan, namun banyak pula peserta yang hadir tanpa diundang. Berdasarkan pantauan di lapangan, mereka terkonsentarsi di tiga lokasi berbeda. Di sekitar kantor desa sekitar 150 warga dari RT 4, 6, 8, 9 dan 11 meratakan timbunan tanah Laterit dan pembabatan rumput dipinggir jalan.

Sementara di sekitar rumah paramedis, sedikitnya 100 orang warga dari RT 5, 7 dan 12 tampak membersihkan parit, membabat rumput, semak-semak dan memperbaiki jalan masuk menuju rumah tersebut. Sementara kaum ibu membersihkan bagian dalam rumah yang masih belum berpenghuni.

Sedangkan di sekitar Masjid Darussalam, duaratusan warga dari RT 1, 2 dan 3 membersihkan pekarangan masjid. Sementara kaum wanita membersihkan halaman dalam rumah ibadah kaum muslimin tersebut. Usai membersihkan masjid, kaum lelaki menyerbu ke simpang tiga Samarinda-Badak-Bontang, tepatnya di sekitar Totem VICO. Di lokasi ini warga bersama anggota Koramil melaksanakan pembabatan rumput di kiri-kanan jalan menuju ibukota Muara Badak tersebut.


Kapten Inf Basuki, Danramil Muara Badak yang bangga dengan kekompakan dan kebersamaan warga
Photo: VICO Indonesia / Bastian


Salah seorang warga (kanan) saat menerima hadiah berupa kipas angin usai pelaksanaan kegiatan Jumsih di Desa Tanah Datar
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Danramil Muara Badak, Kapten Inf Basuki atas nama Muspika dihadapan ratusan warga usai kegiatan Jumsih mengatakan, dari 6 kali pelaksanaan Jum'at Bersih baru kali ini dirinya merasa sangat puas dan bangga melihat kerukunan dan kebersamaan warga di desa ini. 

"Kita bisa melihat aparat desa di Tanah Datar ini berfungsi dengan baik, terbukti dengan banyaknya dukungan dari warga. Saya berpesan kalau warga sudah kompak, agar pejabat desa dapat membantu jika ada warganya yang memerlukan bantuan apalagi jika mereka kurang mampu," ujarnya bersemangat yang disambut dengan tepukan meriah dari warga.

Sementara itu, dikatakan Kepala Desa Tanah Datar, Kasiyanto, sebelumnya pihaknya telah mengedarkan undangan kepada warga untuk kegiatan Jumsih. Setiap undangan diberi nomor urut untuk penarikan doorprize, namun tanpa sepengetahuan warga untuk memberikan kejutan. Jumlah door prize nya mencapai 48 buah.

Ditambahkannya, doorprize berjumlah 48 buah yang merupakan bantuan dari CV Karya Waluya dan VICO Indonesia. Beberapa hadiah yang disediakan antar alain adalah sepeda, alat semprot, kipas angin dan beberapa hadiah hiburan lainnya.

Di tempat yang sama, Staf Humas VICO Indonesia Evelyna Sitinjak mengatakan, usaha Muspika Muara Badak bersama VICO Indonesia menggalakkan Jum'at Bersih dalam rangka mendukung program Gerbang Dayaku akan ditingkatkan dengan menggelar Lomba Desa Bersih yang dirangkai dengan perayaan HUT kemerdekaan RI ke-59.

Namun ia mengingatkan bahwa dalam melaksanakan panilaiannya nanti tim juri akan datang tanpa memberitahu pihak desa. Diharapkan setiap aparat desa di Muara Badak mempersiapkan diri untuk menyukseskan program Desa Bersih tahun 2004.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak kecamatan Muara Badak, kegiatan Jumsih dimulai di Desa Badak Baru (18/06) dan saat ini sudah memasuki pekan ke-6 dari rencana 8 desa yang direncanakan. (bas)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.