KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Forum Tenaga Honor Berdemo, Assisten III Dilempari

Massa dari Forum Tenaga Honor Kukar (FTHK) melakukan long march menuju Kantor Bupati Kukar, Selasa (21/12) siang
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 22/12/04 17:12 WITA
Sekitar 2.000 pegawai honorer Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Forum Tenaga Honor Kukar (FTHK) melakukan aksi unjurasa menolak penetapan H Awang Dharma Bakti sebagai penjabat sementara Bupati Kukar, Selasa (21/12) kemarin, di Tenggarong.

Para demonstran awalnya mendatangi gedung DPRD Kukar yang terletak sekitar 400 meter dari Kantor Bupati Kukar untuk menyampaikan aspirasi para tenaga honorer Pemkab Kukar yang mendukung dan mengakui H Syaukani HR sebagai Bupati Kukar.

Usai melakukan orasi di gedung dewan tersebut, massa FTHK berhasil mengajak beberapa anggota DPRD untuk turut serta bersama mereka mendatangi Kantor Bupati Kukar. Para anggota dewan yang ikut melakukan long march bersama massa tenaga honorer adalah Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lydia, H Abdul Rahman, Rahmat Santoso dan Suryadi SHut.


Solihin ST MM (kedua dari kiri) dan aktivis FTHK lainnya berdialog dengan pihak keamanan
Photo: Yanda

Sesampainya di halaman Kantor Bupati Kukar, demonstran dari FTHK bergabung dengan massa pendukung H Syaukani HR lainnya yang telah berada disana sejak pagi. Ketua FTHK, Solihin ST MM, kemudian menyerukan para PNS yang bekerja di Kantor Bupati Kukar untuk turut bergabung bersama mereka dan meminta kesempatan untuk berdialog dengan pejabat Pemkab Kukar.

Assisten III Pemkab Kukar H Chairil Anwar SH MHum dan Assisten II Drs Ec HAB Haryanto Bachroel MM akhirnya datang menemui para pengunjukrasa. Kedua pejabat tersebut pada waktu itu sebenarnya sedang mengikuti rapat koordinasi dengan penjabat Bupati Kukar H Awang Dharma Bakti yang untuk pertama kalinya masuk kantor sejak dilantik pada 13 Desember lalu.

Suasana sempat memanas ketika terjadi dialog dengan H Chairil Anwar yang sebelumnya ditanya demonstran mengenai sikap eksekutif terhadap kepemimpinan di Kukar saat ini apakah berpihak pada Awang Dharma Bakti atau H Syaukani HR. Dijawab oleh Chairil bahwa sebagai aparatur maka PNS harus tunduk dan taat kepada ketentuan pemerintahan yang berlaku.

Massa FTHK yang kurang puas dengan jawaban Chairil Anwar tersulut emosinya dan langsung berteriak bahkan ada yang melempar botol air mineral dan puntung rokok kearah pejabat Pemkab Kukar tersebut. Berkat kesigapan aparat, massa dapat diredam dan Chairil Anwar berhasil diamankan dari podium kembali memasuki Kantor Bupati Kukar dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Dalam aksinya kemarin, massa FTHK juga melakukan pembakaran patung Gubernur Kaltim Suwarna AF yang merekomendasikan Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kukar. (joe/nop/win)


Ketua FTHK Solihin ST MM saat menyerukan kepada para pegawai di Kantor Bupati Kukar untuk turut bergabung bersama mereka
Photo: Yanda

Baca Juga:
Dikepung Massa, Awang Dharma Bakti Dievakuasi! (21/12/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.