KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : September 2004

Kukar Bibitkan 200 Ekor Sapi Brahman Australia

KutaiKartanegara.com 22/09/04 22:22 WITA
Dalam rangka mencapai swasembada daging sapi di provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sejak Mei 2004 lalu melakukan pembibitan sapi potong Brahman diatas lahan 500 hektare di desa Lebaho Ulaq, Kecamatan Muara Kaman.

"Melalui pembibitan sapi potong di Muara Kaman ini, kita harapkan mampu meng-hasilkan bibit sapi potong berkualitas yang nantinya akan kita sebarkan kepada peternak di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara," ungkap Kepala Dinas Peternakan Kukar, Ir H Hafidz Anwar, belum lama ini.

Selain itu, lanjut Hafidz, pembibitan sapi Brahman dalam skala besar di Kukar ini diharapkan dapat menarik perhatian investor dari dalam maupun luar negeri khususnya dalam bidang peternakan sapi potong. "Pembibitan sapi ini merupakan salah satu etalase investasi bagi kita. Nantinya investor dapat mengamati secara langsung potensi peternakan sapi secara komersil melalui pembibitan yang dilakukan oleh Pemkab Kukar," ujarnya.

Dikatakan Hafidz Anwar kepada KutaiKartanegara.com, pihaknya telah mendatangkan 200 ekor sapi Brahman dari Australia sejak 23 Mei 2004 lalu yang terdiri dari 16 ekor sapi jantan dan 184 sapi betina. Dan setelah beberapa bulan hidup di tempat pembibitan, kini tercatat sedikitnya 128 ekor sapi betina yang bunting.

"Bahkan pada 5 Juli lalu, telah ada sapi yang melahirkan 1 ekor anak. Hal ini karena pada saat didatangkan ke Kukar ada beberapa ekor sapi dalam kondisi bunting 3-5 bulan," kata Hafidz.

Ditambahkannya, untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi disediakan hijauan makanan ternak seluas 210 hektare yang diperhitungkan cukup untuk masa satu tahun. Hijauan sebagai sumber pakan ternak tersebut terdiri dari 60 hektare kebun rumput potong serta 150 hektare padang penggembalaan.

Lebih lanjut Kadis Peternakan Kukar menjelaskan bahwa Sapi Brahman dari Australia ini dikembangkan secara inovatif oleh peternak di Australia Utara. Sapi potong Brahman ini mampu beradaptasi pada kondisi ilklim tropis dan perubahan lingkungan yang tajam.

"Pada 30 tahun terakhir, sapi Brahman telah mampu mensejahterakan kehidupan ekonomi peternak di Australia. Pertumbuhan dan perkembangan sapi Brahman Australia ini dapat digambarkan sebagai revolusi ternak terbesar dalam sejarah," kata Hafidz Anwar.

Oleh karena itu, jika sapi potong yang dibibitkan Pemkab Kukar ini semakin berkembang dan kemudian disebarkan kepada para peternak di Kukar, diharapkan pada akhirnya mampu pula untuk mensejahterakan kehidupan ekonomi masyarakat Kukar. Demikian katanya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.