KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Kepala LIPI Buka Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional III

Kepala LIPI Prof Dr Umar A Jennie MSc saat mengalungkan tanda peserta kepada pelajar dari SMUN 10 Melati Samarinda
Photo
: Agri

KutaiKartanegara.com 22/06/04 16:50 WITA
Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) III tahun 2004 yang berlangsung sejak hari ini hingga 28 Juni mendatang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) secara resmi dibuka Kepala LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Prof Dr Umar Anggara Jennie MSc di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, tadi pagi.

Pembukaan PIRN III 2004 ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Kepala LIPI Umar A Jennie secara simbolis kepada Adhitya Angga Kharisma (pelajar SMUN 10 Melati Samarinda), Anisa Riski Rahardian (pelajar SMU Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah) dan Tati Mulyanti SPd (Guru SMUN 1 Kota Bangun, Kukar).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Ir Wahyuddin Latunreng MBA, PIRN III diikuti 116 peserta dari 20 provinsi se-Indonesia yang digelar sebagai ajang penyaluran aktivitas ilmiah remaja, untuk memacu kreativitas dan potensi remaja serta agar tercipta budaya iptek dalam masyarakat.


Para peserta PIRN III 2004 ini akan melaksanakan kegiatan di L1 Tenggarong Seberang selama sepekan

Photo
: Yanda

"PIRN III tahun 2004 yang digelar LIPI bekerjasama dengan PT Tugu Pratama dan Pemkab Kukar akan dilak-sanakan di Kompleks Dinas Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga Kukar, di L1 Tenggarong Seberang," ujar Ir Wahyuddin Latunreng MM.

Ditambahkannya, kegiatan ini sendiri pertama kali dilak-sanakan pada tahun 2002 di Kebun Raya LIPI Bedugul, Tabanan (Bali). Sedangkan PIRN II dilaksanakan pada tahun 2003 di Desa Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Selama berlangsungnya kegiatan ini, peserta PIRN III selain memperoleh ceramah ilmiah juga akan mengadakan penelitian lapangan, diskusi, penulisan dan presentasi hasil penelitian," ujar Wahyuddin Latunreng.


Wabup H Samsuri Aspar saat menyerahkan cinderamata dari Pemkab Kukar kepada
Kepala LIPI
Photo
: Yanda


Assisten II Ir HM Aswin MM MSc ketika menyampaikan ceramah ilmiah Bupati Kukar dihadapan peserta PIRN III 2004
Photo
: Yanda

"Ditambahkannya, materi yang diberikan kepada peserta tersebut terdiri dari 5 bidang masing-masing bidang Pengetahuan Sosial dan Budaya, bidang lmu Pengetahuan Sosial-Ekonomi, bidang Ilmu Pengetahuan Alam Flora, bidang Ilmu Pengetahuan Alam Fauna dan terakhir bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Rekayasa.

Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan PIRN III di Kukar karena selaras dengan program Pemkab Kukar Gerbang Dayaku yang salah satu sasarannya adalah peningkatan mutu sumber daya manusia.

Sementara itu, Kepala Pusat LIPI Prof Dr Umar Anggara Jennie MSc saat membuka PIRN III 2004 mengatakan tidak ada celah kehidupan manusia yang tidak terjamah dan terpengaruh oleh Science and Technology, sehingga akumulasi informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tidak mungkin tertampung hanya dalam sistem pendidikan formal, tetapi harus didukung dan sejalan dengan sistem pendidikan non formal.

"Pendidikan formal yang mengutamakan kurikulum memiliki keterbatasan mengejar kemajuan dan perkembangan iptek. Oleh karenanya perlu digalakkan suatu kegiatan ilmiah diluar sekolah diantaranya dengan melaksanakan PIRN sebagai upaya pembinaan kesadaran ilmiah remaja Indonesia," demikian kata Umar A Jennie.

Acara pembukaan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Pemkab Kukar yang diwakili H Samsuri Aspar kepada Kepala LIPI Prof Dr Umar A Jennie MSc Apt serta para penceramah yang terdiri dari Dr Pratiwi Sudharmono PhD, Dr Indria Samego APU, Dr Gemala Rabiah Hatta MRA MKes, Dr Ir Adhi Sudadi Soembagijo.

Usai pembukaan PIRN III yang dihadiri kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar ini, acara dilanjutkan dengan ceramah ilmiah dari Bupati Kukar yang diwakili Assisten II Pemkab Kukar Ir HM Aswin MM MSc dan Dr Indria Samego. (joe/win/nop)


Para peserta PIRN III 2004 dengan serius menyimak ceramah ilmiah dari Ir HM Aswin MM MSc dan Dr Indria Samego
Photo
: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.