KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Unikarta Latih 200 Pemantau Pemilu

Para mahasiswa Unikarta yang akan menjadi pemantau Pemilu 2004
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 21/03/04 02:44 WITA
Untuk memperlancar tugas-tugas pemantauan proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2004, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong yang merupakan salah satu Sub Simpul dari Forum Rektor Indonesia (FRI) menggelar pelatihan Pemantau Pemilu, Sabtu (20/03) kemarin.

Kegiatan pelatihan yang diikuti 200 orang akademisi dan mahasiswa Unikarta ini terdiri dari 166 petugas LM (Limited Monitoring) dan 34 petugas PVT (Parallel Vote Tabulation). Tampil sebagai pemateri pelatihan adalah Hermanto SE MM untuk Limited Monitoring dan Jumadi SPd MPd untuk Parallel Vote Tabulation. Kedua pelatih ini sebelumnya telah mengikuti kegiatan serupa yang digelar FRI Simpul 18 Kaltim di Samarinda.


Drs Awang Asmir Ridwan saat menyampaikan pengarahannya kepada 200 pemantau Pemilu
Photo: Yanda

Koordinator Sub Simpul Kutai Kartanegara (Kukar) Drs Awang Asmir Ridwan dalam pengarahannya menjelaskan bahwa Unikarta merupakan anggota Forum Rektor Indonesia yang bertugas untuk memantau pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Kukar.

"Dari Simpul 18 Kaltim yang berkedudukan di universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, hanya ada 5 perguruan tinggi yang membentuk Sub Simpul yakni Unikarta untuk Kukar, Unmul dan Universitas Tujuhbelas Agustus (Samarinda), Universitas Balikpapan (Uniba) untuk wilayah Kota Balikpapan, Stiper Sangatta (Kutai Timur) dan Universitas Trunojoyo (Bontang)," kata Drs Awang Asmir Ridwan yang juga Pembantu Rektor III Unikarta ini.

Ditambahkannya pula bahwa untuk Simpul 18 Kaltim secara keseluruhan terdiri dari 1.494 petugas LM, 48 orang petugas LTM (Long Time Monitoring) yang diambil langsung Oleh Unmul dan 200 orang petugas PVT.


Hermanto SE MM ketika memberikan pemaparan tentang Limited Monitoring
Photo: Yanda

"Para petugas pemantau akan mendapat jaminan berupa asuransi kecelakaan, uang transport dan uang makan serta memperoleh sertifikat dari Forum Rektor Indonesia," demikian kata Drs Awang Asmir Ridwan.

Sementara itu, dipaparkan Hermanto SE MM bahwa petugas LM akan memantau semua kegiatan yang berlangsung selama pemilihan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) masing-masing pada hari-H pemungutan suara, mulai dari pembukaan hingga selesai penghitungan suara, kemudian apakah semua proses berjalan sesuai aturan ataukah terjadi penyimpangan seperti ketidaklengkapan sarana seperti form, tinta, saksi dan waktu dimulainya pencoblosan ataupun adanya intimidasi untuk memilih salah satu kontestan ataupun kekacauan di tempat pemilihan.

Sedangkan kepada petugas PVT, Jumadi SPd MPd berharap agar usai melaksanakan pemantauan para petugas segera mengirimkan laporannya ke pusat pemasukan data. "Dari hasil PVT akan diperoleh hasil nasional, DPRD dan DPD serta bagaimana kualitas Pemilu 2004," demikian kata Jumadi. (nop/win)


Ratusan mahasiswa dengan serius mengikuti pelatihan Pemantau Pemilu yang digelar Unikarta Tenggarong
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.