KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Sultan Kutai Minta Mendagri Tinjau Ulang Pengangkatan Awang Dharma Bakti
Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II

KutaiKartanegara.com 19/12/04 14:56 WITA
Situasi politik di Kutai Kartanegara (Kukar) yang memanas pasca diberhentikannya H Syaukani HR dari jabatannya sebagai Bupati Kukar yang kemudian digantikan H Awang Dharma Bakti, ternyata mengundang keprihatinan dari Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura, H Adji Mohamad Salehoeddin II.

Menyikapi gejolak yang terjadi di Kukar khususnya di ibukota Tenggarong yang belakangan ini marak dengan aksi demo menentang pelantikan Awang Dharma Bakti, Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II telah mengirimkan surat kepada Menteri Dalam Negeri M Ma'ruf untuk meninjau kembali penunjukan Awang Dharma Bakti sebagai Penjabat Bupati Kukar seperti yang tertuang dalam SK Mendagri 131.44-767 Tahun 2004.

Dalam suratnya kepada Mendagri, disebutkan bahwa dengan diterbitkannya Keputusan Mendagri nomor 131.44-767 Tahun 2004 tentang Pengesahan dan Pemberhentian Bupati Kukar H Syaukani HR dan pengangkatan pelaksana tugas Bupati Kukar kepada Awang Dharma Bakti, berdampak pada munculnya persoalan.

Dijelaskan Sultan Kutai Kartanegara bahwa persoalan yang dimaksud adalah munculnya gejolak di masyarakat sebagai aktualisasi penolakan terhadap Pj Bupati Kukar Awang Dharma Bakti sehingga menyebabkan terjadinya unjukrasa penolakan masyarakat di berbagai tempat yang dikhawatirkan dapat menghambat roda pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk memelihara dan menjaga keamanan daerah supaya tetap kondusif, Sultan Kutai Kartanegara meminta peninjauan kembali SK Mendagri No 131.44-767 tahun 2004 tentang pengangkatan Awang Dharma Bakti yang sebelumnya telah direkomendasikan Gubernur Kaltim H Suwarna AF.

Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II juga meminta Mendagri agar memberi kesempatan kepada DPRD Kukar untuk mengusulkan atau merekomendasikan Pj Bupati Kukar yang sesuai dengan harapan masyarakat dan dipercayakan kepada putra daerah terbaik Kukar yang ada di lingkungan Pemkab Kukar.

Demikian surat Sultan Kutai Kartanegara yang ditembuskan pula kepada Gubernur Kaltim H Suwarna AF di Samarinda, Ketua DPRD Kaltim, Bupati Kukar dan Ketua DPRD Kukar. (win)

Berita Terkait:
DPRD Kukar Tetap Akui Syaukani Sebagai Bupati (14/12/04)

DPRD Kukar Tolak Pelantikan ADB, Ancam Angkat Syaukani Kembali Jadi Bupati (12/12/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.