KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Oktober 2004

Kukar Akan Wakili Indonesia ke Konferensi Pekerja Anak di Korea

KutaiKartanegara.com 19/10/04 14:18 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mewakili Indonesia pada Konferensi Regional ASEAN mengenai Pekerja Anak yang akan berlangsung di Korea Selatan tahun 2005 mendatang.

Demikian disampaikan H Syaukani HR saat memberikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Bupati Kukar Periode 1999-2004 di Tenggarong belum lama ini.

Kepercayaan yang diberikan kepada Kukar untuk hadir pada konferensi internasional tersebut merupakan hasil kerja keras, tekad serta komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menghapus bentuk-bentuk pekerja anak di daerah ini.

Menurut Bupati Kukar, masalah pekerja anak dan anak putus sekolah telah menjadi salah satu persoalan sosial yang mendapat perhatian serius dari Pemkab Kukar.

Pemkab Kukar akhirnya mencanangkan Kutai Kartanegara sebagai Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA) pada 4 Nopember 2002 yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi ZBPA oleh Bupati H Syaukani HR dan Ketua DPRD H Bachtiar Effendi yang disaksikan pula oleh Menteri Tenaga Kerja RI Jacob Nuwa Wea dan Direktur ILO (International Labour Organization) untuk Indonesia Alan Boulton.

"Pencanangan ini merupakan sebuah langkah penting dalam sejarah penghapusan pekerja anak karena merupakan yang pertama di Indonesia dan bahkan di dunia. Oleh ILO, program ZBPA di Kukar telah dilaporkan ke Komite Aksi Nasional Penghapusan Bentuk-Bentuk Pekerja Terburuk untuk Anak," ujar Syaukani.

Dilaporkan pula oleh Bupati Kukar bahwa terjadi penurunan jumlah pekerja anak dari tahun 2001 hingga 2003. Jika jumlah pekerja anak pada tahun 2001 berjumlah 10.251 orang atau 12,61% dari jumlah anak pada usia usia 10-18 tahun, maka pada tahun 2003 turun menjadi 6.376 orang atau 7,20% dari jumlah anak usia tersebut.

Sebagai ZBPA, Pemkab Kukar mentargetkan tidak akan ada pekerja anak dibawah usia 15 tahun pada tahun 2007 dan seluruhnya sudah memperoleh wajib belajar Pendidikan Dasar 9 tahun.

"Selanjutnya pada tahun 2012, anak-anak dibawah usia 18 tahun akan sepenuhnya memperoleh wajib belajar Pendidikan Dasar 12 tahun. Komitmen ini talah dituangkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kukar Nomor 9 tahun 2004," demikian Bupati Kukar. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.