KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Perang Terhadap Sampah, Muara Badak Gelar Jum'at Bersih

Anggota Karang Taruna Karya Pelangi membersihkan saluran drainase

Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 19/06/04 17:10 WITA
Ratusan warga desa persiapan Gas Alam, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, ramai-ramai melakukan aksi turun ke jalan dengan membawa beraneka senjata tajam seperti golok, mandau, cangkul, linggis dan benda-benda lainnya, Jum'at (18/06) kemarin.

Bukan untuk berunjukrasa atau berdemonstrasi, namun untuk berperang melawan sampah. Aksi yang dipelopori Kepala Desa Persiapan Gas Alam Husain Said ini bahkan mendapat dukungan dari Camat Muara Badak, Koramil Muara Badak serta manajemen perusahaan migas VICO Indonesia yang turut mengerahkan stafnya untuk bergotong-royong melakukan aksi Jum'at Bersih.


Kades Gas Alam, Husain (kiri), saat berbincang sejenak dengan anggota Koramil Muara Badak membahas pelaksanaan Jum'at Bersih di wilayah kerjanya
Photo: VICO Indonesia / Bastian


Danramil Muara badak, Kapten Inf Basuki memberikan aba-aba kepada
Operator Wheel Loader

Photo: VICO Indonesia / Bastian


Satu unit Wheel Loader dan satu unit Dump Truck milik VICO Indonesia turut mendukung pelaksanaan Jum'at Bersih di Muara Badak
Photo: VICO Indonesia / Bastian

"Kami mengerahkan warga dari 25 RT yang ada di wilayah desa persiapan Gas Alam untuk turun ke jalan melakukan aksi perang membasmi sampah dalam rangka kegiatan Jum’at Bersih yang diselenggarakan Muspika Muara Badak bekerjasama dengan VICO Indonesia," ujar Husain Said.

Sementara itu menurut Camat Muara Badak, Rusmina SH, kegiatan ini merupakan suatu upaya agar masyarakat sadar dan mau membersihkan lingkungannya sendiri. Ini merupakan langkah awal, semoga pada kegiatan selanjutnya warga yang melakukan Jum’at Bersih bisa lebih banyak lagi.

Menurut Rusmina SH, pelaksanaan Jum’at Bersih digelar di 8 Desa yang telah dijadwalkan oleh pihaknya. Pada Jum’at mendatang kegiatan serupa akan digelar di Desa Muara Badak Ulu, sementara Desa Badak Baru yang sedianya mendapat giliran kegiatan ini Jum’at lalu terpaksa diundur hingga awal Agustus 2004.

"Hal ini dikarenakan Jum'at lalu hujan lebat mengguyur Muara Badak dari malam hingga siang sehingga kegiatan dibatalkan dan Jum'at Bersih di Desa Badak Baru kami undur hingga awal Agustus 2004," demikian kata Camat Rusmina SH.

Sedangkan Danramil Muara Badak, Kapten Inf Basuki, ketika dimintai keterangannya mengatakan bahwa keterlibatan anggota Koramil Muara Badak dalam kegiatan Jum’at Bersih ini merupakan bakti TNI terhadap lingkungan sekitar.

"Program Jum’at Bersih ini pada tahun 2001-2002 juga pernah dipelopori oleh Muspika Muara Badak dan VICO Indonesia, namun karena kurangnya minat dari masyarakat jadi tidak terdengar lagi gaungnya. Makanya sekarang Muspika dan VICO Indonesia mencoba menghidupkan lagi kegiatan ini," tandas Kapt Inf Basuki.

Pada kegiatan Jum'at Bersih yang berlangsung kemarin pagi, warga tampak antusias dan bersemangat membersihkan lingkungannya. Untuk mengangkut sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Samberah 1 yang berjarak sekitar 15 km, pihak VICO Indonesia menurunkan Dump Truck dan Wheel Loader masing-masing satu unit. (win)


Camat Muara Badak Rusmina SH (kiri) mengawasi warganya yang sedang menaikkan sampah kedalam Wheel Loader
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.