KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Rutan Tenggarong Resmi Jadi Lembaga Pemasyarakatan

Kepala Lapas Drs Aboe Asfari menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan langsung oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 19/05/04 13:48 WITA
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Tenggarong kini secara resmi berubah status menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Peresmian perubahan status Rutan menjadi Lapas ini ditandai pula dengan pelantikan Drs Aboe Asfari Z BcIP sebagai Kepala Lapas Klas IIB Tenggarong oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM tadi pagi bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia No M.05.PR.07.03 Tahun 2003, Rutan Klas IIB Tenggarong termasuk dalam 18 Rutan se-Indonesia yang berubah status dari Rutan menjadi Lapas. Sehingga dengan demikian, secara keseluruhan Indonesia telah memiliki 219 Lembaga Pemasyarakatan yang terdiri dari 10 Lapas Kelas I, 66 buah Lapas Kelas IIA dan 143 buah Lapas Kelas IIB.


Bupati Kukar menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Lapas Tenggarong Drs Aboe Asfari Z
Photo: Yanda

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya menga-takan perubahan status Rutan menjadi Lapas ini patut disyukuri karena dengan demikian terjadi peningkatan eselonering di Departemen Kehakiman dan HAM, khususnya di Lapas Klas IIB Tenggarong.

Dikatakan Bupati Kukar, Lapas merupakan tempat proses pembinaan narapidana untuk menjadikan mereka lebih baik dari sebelumnya, memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran hukum sehingga tidak lagi mengulangi perbuatan yang terlanjur mereka perbuat.

"Untuk itu, bagi petugas Lapas perlu untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem pemasyarakatan dan pengabdian di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam membina narapidana yang ada di lembaga pemasyarakatan," ujar Bupati Kukar.

Bupati Syaukani juga meminta kepada segenap insan jajaran pemasyarakatan untuk senantiasa berusaha meningkatkan profesionalisme, kualitas diri dan moralitas serta kebanggaan dalam mengemban tugas dan tanggung-jawab membina serta membimbing warga binaan pemasyarakatan. Demikian amanat Bupati Kukar.

Tampak hadir pada pelantikan Kepala Lapas IIB Tenggarong diantaranya adalah Kepala Kanwil Kehakiman dan HAM Kaltim, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, para pejabat Muspikab Kukar serta pejabat teras di lingkungan Pemkab Kukar. (win/nop)


Suasana pengambilan sumpah jabatan Kepala Lapas Klas IIB Tenggarong oleh Bupati Kukar H Syaukani HR di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.