KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gubernur Kaltim: BPD Berperan Pacu Pembangunan Desa
 

KutaiKartanegara.com 19/02/04 09:11 WITA
Badan Perwakilan Desa (BPD) yang diadakan dalam rangka mewujudkan demokrasi di tingkat desa berfungsi menampung atau menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan dalam hal penetapan dan pelaksanaan peraturan desa, anggaran dan pendapatan belanja desa maupun kebijakan pemerintahan desa.

Demikian ditegaskan Gu-bernur Kaltim H Suwarna AF dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Samsuri Aspar pada saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Asosiasi Badan Perwakilan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) di gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, Rabu (18/02) kemarin.

Menurut Gubernur H Suwarna AF, sebagai institusi formal yang terdapat di pedesaan maka BPD memiliki fungsi yang cukup penting dalam memacu pembangunan desa. Oleh karena itu peraturan desa yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa dan BPD tidak memerlukan pengesahan dari pejabat yang berwenang.

Namun demikian, Gubernur juga berharap agar setiap peraturan dan keputusan desa yang dibuat Pemerintah Desa bersama BPD selalu mengakomodir kepentingan masyarakat desa dan kemudian disosialisasikan secara terus menerus sehingga masyarakat desa dapat mengetahui, mematuhi dan melaksanakan seluruh keputusan desa dengan konsisten dan bertanggung jawab.

Gubernur juga mengingatkan lima hal yang patut menjadi perhatian yakni yang pertama adalah pentingnya sosialisasi peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pemerintahan desa,  agar aparat pemerintah desa dan masyarakat dapat mengaplikasikannya dengan optimal.

"Kedua, para pembina aparatur pemerintah desa dituntut dapat meningkatkan kinerja dan kemampuannya sehingga peran aparat yang selama ini dinilai kurang memuaskan diharapkan secara bertahap dapat memantapkan kembali kepercayaan masyarakat," kata Gubernur seperti yang disampaikan H Samsuri Aspar.

Kemudian yang ketiga, tambahnya, dalam rangka pemberdayaan masyarakat maka pemerintah desa diharapkan memprakarsai sendiri kewenangan mengatur kepentingan masyarakat setempat berdasarkan kondisi sosial budaya yang ada.

"Keempat, untuk mewujudkan pemerintah desa sebagai pemerintah yang otonom, semua sumber pendapatan dan kekayaan desa agar benar-benar dapat dikelola dengan optimal dan tidak diperkenankan diambil oleh pemerintah atasannya, hal ini dimaksudkan agar desa benar-benar dapat membuktikan kemandiriannya," kata Gubernur Kaltim.

Dan yang terakhir, Gubernur meminta agar suasana aman dan sejuk terus diupayakan dengan bersikap dan berperilaku sebagai tauladan dan dapat mengayomi aparat pemerintah desa serta tetap dalam kerangka hukum yang berlaku, terutama dalam menghadapi Pemilu 2004. Demikian amanat Gubernur Kaltim kepada ratusan peserta Rakernas I ABPEDSI. (win)

Berita Terkait:
Diikuti 130 Utusan BPD se-Indonesia, Rakernas I ABPEDSI Dibuka (18/02/04)

Baca Juga:
Pemkab Kukar Jamu Peserta Rakernas I ABPEDSI (18/02/04)
ABPEDSI Gelar Rakernas Pertama di Tenggarong (16/02/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.