KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Kepala Dinas Kesehatan: Kukar Siaga DBD!

Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Abdurrahman

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 17/12/04 17:58 WITA
Jumlah Kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) nampaknya semakin meningkat saja. Selama tahun 2004 ini, jumlah kasus DBD di Kukar hingga kemarin sudah tercatat 276 kasus, 4 diantaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kukar, kasus DBD 2004 di Kukar ini merupakan yang tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya terutama tahun 2002 yang tercatat hanya 125 kasus. Sementara pada bulan Desember ini saja terjadi 19 kasus yang seorang diantara penderita DBD meninggal dunia.

Melihat trend kasus DBD yang semakin meningkat tersebut Pemkab Kukar menyatakan Siaga DBD di seluruh wilayah Kukar. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr H Abdurrahman saat memimpin rapat dengan dinas instansi terkait yang berlangsung di Kantor Bupati Kukar di Tenggarong, Kamis (16/12) kemarin.

Menurut dr H Abdurrahman, Siaga DBD di seluruh wilayah Kukar ini untuk mengantisipasi meluasnya serangan DBD yang akan mengarah ke Kejadian Luar Biasa (KLB). Disamping itu, serangan DBD juga telah meluas di kota besar Kaltim seperti Samarinda dan Balikpapan.

"Bila tidak diantisipasi, puncak wabah DBD di Kukar akan terjadi sekitar Februari 2005 mendatang. Langkah antisipatif ini bukan hanya menjadi tanggung jawab dari aparat Kesehatan tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk masyarakat," kata dr Abdurrahman.

Sedang kendala penanggulangan DBD, dr Abdurrahman mengungkapkan bahwa pihaknya tidak memiliki dana yang memadai untuk persediaan abate dan fogging atau pengasapan hanya cukup untuk wilayah Kota Tenggarong saja.

Abdurrahman juga menyesalkan belum signifikannya bantuan dari pihak perusahaan besar di Kukar selama ini. "Namun kita berharap tahun 2005 pihak perusahaan dapat memberikan bantuan melalui comdev atau pengembangan masyarakat seperti bantuan abate, melation dll.

Menyiasati kondisi yang kurang menguntungkan ini, Abddurahman merencanakan akan menggerakkan Kader Jentik yang sudah ada untuk lebih intensif memberikan sosialisasi kepada masyatakat dalam menanggulangi wabah DBD. "Untuk rekrutmen Kader Jentik, kita akan melibatkan anak sekolah mulai dari SD hingga SLTA menjadi Kader Jentik," demikian katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Dinas Pemberantasan Penyakit Menular Diskes Kukar drg Koentijo dalam rapat tersebut mempresentasikan dampak wabah DBD. Menurutnya, dampak DBD ini sangat luas bagi kesejahteraan masyarakat terutama menyangkut masalah sosial dan ekonomi serta psikologis masyarakat. (joe/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.