KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info Odah Etam : Mei 2004

Bupati Kukar: Tingkatkan Kualitas Aparatur Kelurahan/Desa
KutaiKartanegara.com 17/05/04 16:56 WITA
Di era otonomi daerah saat ini, Kepala
Desa maupun Lurah sebagai orang
pertama yang mengemban tugas
dan kewajiban selaku penyeleng-
gara   dan   penanggung-jawab
utama di bidang pemerintahan,
pembangunan dan kemasyara-
katan
memegang peranan yang
sangat strategis.

Demikian ungkap Bupati Kutai
Kartanegara (Kukar) Drs H
Syaukani HR MM beberapa
waktu lalu saat meresmikan
Gedung Balai Pertemuan
Umum Kelurahan Baru,
Tenggarong.

"Oleh karena itu, dalam
usaha mendorong pem-
bangunan  dan  pemba-
haruan  dalam  rangka
menyukseskan program
Gerbang Dayaku (Gerakan
Pengembangan dan Pem-

berdayaan Kutai), saya berharap Lurah harus mampu memainkan peranannya sebagai inisiator, motivator, dinamisator dan stabilisator dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat," ujar Bupati Syaukani.

Selaku inisiator harus selalu berprakarsa dalam usaha pembaharuan dan pembangunan. Lurah/Kepala Desa harus memiliki keberanian dalam mengambil langkah secara rasional yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang tersedia sangat diperlukan.

Menurut Syaukani, sebagai motivator harus mampu mendorong dan menggerakkan peran serta masyarakat yang utuh dalam pembangunan dan sebagai dinamisator harus mampu mendinamisir dan mempercepat proses derap dan irama pembangunan.

Disamping itu, sebagai katalisator pembangunan Lurah dan Kepala Desa harus mampu menyatukan potensi-potensi pembangunan dikalangan rakyat, serta memiliki kemampuan mempertemukan dan menyelaraskan kebijaksanaan pemerintah dengan harapan dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan.

"Sebagai stabilisator, dituntut untuk mampu menciptakan suasana tenang dan stabil yang merupakan prasyarat bagi lancarnya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa/kelurahan," kata Syaukani yang juga Ketua Umum APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) ini.

Disamping itu, tugas dan tanggung-jawab Lurah/Kepala Desa di era kompetisi dan keterbukaan sekarang ini tidaklah semakin ringan, selain harus mampu melaksanakan dan menyukseskan program-program pembangunan, berbagai tuntutan pelayanan, baik kualitas, kuantitas maupun kecepatan pelayanan terus mengalami dinamika perubahan.

Untuk itu, Syaukani berharap kepada Lurah maupun Kepala Desa untuk selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan seluruh sumber daya aparaturnya agar agar dapat mengimbangi dinamika dan perkembangan jaman yang semakin cepat agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat memberikan kepuasan sebagaimana yang diharapkan masyarakat. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.