KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Oktober 2004

Syaukani Sampaikan LKPJ Akhir Masa Jabatan 1999-2004

Bupati Kukar H Syaukani HR saat menyampaikan LKPJ Akhir Masa Jabatan dihadapan para anggota DPRD Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 15/10/04 14:14 WITA
Menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) periode 1999-2004, Bupati Drs H Syaukani HR MM tadi pagi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan dalam Rapat Paripurna ke-4 DPRD Kukar yang dipimpin ketuanya, H Bachtiar Effendi.

Dihadapan para anggota DPRD Kukar serta para pejabat Muspikab Kukar lainnya, dikatakan H Syaukani HR bahwa dirinya telah melaksanakan tugas sebagai Bupati sejak tanggal 1 Nopember 1999 dan berkewajiban untuk menyampaikan LKPJ sebagaimana yang diatur dalam UU No 22/1999 serta Kepmendagri No 108/2000 tentang Tata Cara Pertanggungjawaban Kepala Daerah.

"Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan ini dapat pula disebut public responsibility dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Kepala Daerah melalui DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara dalam rangka membentuk dan mewujudkan pelaksanaan pemerintahan daerah yang transparan dan demokratis," ungkap H Syaukani HR yang siap berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kukar tahun 2005 mendatang.


Bupati H Syaukani HR menyerahkan LKPJ Akhir Masa Jabatannya kepada Ketua DPRD H Bachtiar Effendi
Photo: Yanda

Lebih lanjut menurut Syaukani, ketika dirinya menerima tugas selaku Bupati Kukar lima tahun silam dapat disadari betapa besarnya tanggung jawab dan tantangan yang harus dihadapi mengingat kondisi Kabupaten Kutai Kartanegara masih diwarnai oleh berbagai permasalahan mendasar akibat terjadinya kekeliruan kebijakan maupun bias sasaran pembangunan di masa lalu.

Setidaknya ada lima permasalahan mendasar yang dihadapi pada waktu itu yakni kesenjangan wilayah, keterbatasan infrastruktur, kurangnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kurangnya pemerataan penyebaran SDM serta berbagai masalah lingkungan akibat eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA).

"Semua itu mirip apa yang disebut visious circle yang mengarah kepada terjadinya kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan serta munculnya 'kemakmuran semu' dalam konteks perekonomian regional di Kabupaten Kutai Kartanegara," tandas Syaukani.

Ditambahkan Bupati Kukar, menghadapi keadaan demikian mendorong dirinya selaku eksekutif bersama-sama pihak legislatif untuk menciptakan suatu model pembangunan yang partisipatif, yang menitik beratkan pada optimalisasi pemberdayaan semua fungsi, unsur, elemen dan aset daerah.

"Konsep itu dikenal dengan sebutan Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku). Konsep itu merupakan langkah awal antisipatif terhadap pelaksanaan otonomi daerah yang berorietasi pada percepatan pencapaian kesejahteraan masyarakat Kukar secara menyeluruh," demikian kata Syaukani.

Dalam penyampaian LKPJ yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam tersebut, Syaukani memaparkan Profil Sosial Ekonomi Kabupaten Kutai Kartanegara selama masa kepemimpinannya, Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Tugas-Tugas Umum Pemerintahan, Program Kerja dan Pelaksanaannya serta Hambatan dan Upaya Tindak Lanjutnya. (win/nop)


Suasana Rapat Paripurna ke-4 DPRD Kukar dengan acara Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan Bupati Kukar Periode 1999-2004
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.