KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

40 Anggota DPRD Kukar 2004-2009 Resmi Dilantik

Suasana pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kukar 2004-2009 oleh Ketua PN Tenggarong D Tuwa Tobu SH
Photo: Yanda

Ketua PN Tenggarong D Tuwa Tobu SH menyematkan tanda jabatan kepada H Bachtiar Effendi
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 15/07/04 14:50 WITA
Empatpuluh orang anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hasil Pemilu 2004 akhirnya secara resmi duduk di kursi dewan setelah diambil sumpah dan janjinya Sabtu (14/08) kemarin di Tenggarong dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kukar.

Usai pengambilan sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Dada Tuwa Tobu SH serta penan-datanganan berita acara pengucapan sumpah/janji, 40 orang anggota dewan tersebut menempati kursi anggota DPRD yang telah disediakan dengan disambut tepuk tangan meriah para keluarga serta ratusan undangan lainnya.

Selanjutnya Sekretaris DPRD Kukar Ir HM Aswin MM MSc mengumumkan Pimpinan Sementara DPRD Kukar yang diduduki H Bachtiar Effendi selaku Ketua dan Hj Joice Lidya sebagai Wakil Ketua.


Para anggota DPRD Kukar 2004-2009 menempati kursi yang telah disediakan usai diambil sumpah dan janjinya
Photo: Yanda


Penyerahan Palu Pimpinan dari H Ifni Djuraidi (kanan) mewakili pimpinan lama kepada H Bachtiar Effendi (kiri) selaku Pimpinan Sementara
Photo: Joe

Menurut HM Aswin, penentuan Pimpinan Sementara DPRD ini mengacu pada Pasal 14, 15 dan 16 Kepmendagri No 155 Tahun 2004 tentang Tatacara Peresmian, Pengucapan Sumpah Janji Anggota dan Penetapan Pimpinan Sementara DPRD Hasil Pemilu 2004.

Sesuai Pasal 15 Ayat 1 bahwa Pimpinan Sementara DPRD berasal dari dua Partai Politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama sebagai Ketua dan terbanyak kedua sebagai Wakil Ketua, maka hanya anggota dari Partai Golkar dan PDI-P lah yang berhak menjadi Pimpinan Sementara.

Partai Golkar yang meraih 22 kursi DPRD Kukar sebelumnya telah menunjuk H Bachtiar Effendi untuk menempati posisi sebagai Pimpinan Sementara tersebut, sementara PDI-P yang meraih 5 kursi menunjuk Hj Joice Lidya untuk mendampingi H Bachtiar Effendi.

Setelah diumumkan sebagai pimpinan sementara, dilakukan penyerahan palu pimpinan secara simbolis dari H Ifni Djuraidi mewakili pimpinan DPRD Kukar periode 1999-2004 kepada H Bachtiar Effendi yang juga mantan Ketua DPRD Kukar 1999-2004.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Kursi anggota DPRD periode 2004-2009 ini didominasi oleh Partai Golkar dengan 22 kursi. Disusul 5 kursi untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), lalu 3 kursi masing-masing untuk Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Patriot Pancasila.

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 2 kursi serta Partai Merdeka dan Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan (PNBK) yang masing-masing mendapat jatah 1 kursi.

Tampak hadir pada acara peresmian dan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kukar kemarin diantaranya adalah Bupati Kukar H Syaukani HR, Wakil Bupati H Samsuri Aspar, pejabat Muspikab Kukar serta Kepala Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Kukar. (win/nop/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.