KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

VICO Indonesia Bantu Khitanan Massal Gratis Warga Tak Mampu

Wajah para bocah yang harap-harap cemas menanti giliran dikhitan
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 15/07/04 09:09 WITA
Masa liburan sekolah yang masih berlangsung hingga saat ini dimanfaatkan oleh Kepala Desa Persiapan Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), untuk melaksanakan kegiatan khitanan massal bagi warga kurang mampu di wilayahnya, Selasa (13/07) lalu. 

Tercatat 25 orang anak dari keluarga petani yang ada di wilayah desa pemekaran Muara Badak Ilir tersebut mendapat kesempatan dikhitan secara gratis. Para peserta khitanan massal juga mendapatkan bantuan seperangkat pakaian berupa sarung, baju koko dan peci.

Menurut Kades Persiapan Badak Mekar, Hairul, acara ini terselenggara atas bantuan dari VICO Indonesia sedangkan tim medis dari 2 orang yang berasal dari Puskesmas Pembantu (Pusban) Desa Badak Mekar dan Desa Suka Damai.

"Kegiatan ini sangat membantu warga di wilayah kami yang mata pencahariannya dari berkebun pisang dan bertanam sayur-mayur. Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh VICO Indonesia berupa obat-obatan dan pakaian untuk melaksanakan khitanan massal yang baru pertama kali digelar di di wilayah kami," ujar Hairul yang menjabat sebagai kades sejak Agustus tahun lalu.

Sebelum acara khitanan dimulai, pihak kades terlebih dulu mengadakan acara syukuran dan mengundang pihak manajemen VICO Indonesia untuk menyaksikan langsung kegiatan tersebut.


Salah seorang bocah ketika menjalani operasi dari petugas paramedis
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Melihat antusiasme bocah yang ingin dikhitan sementara tenaga medis hanya ada 2 orang, maka Eko Sudiro yang merupakan Comdev Officer dari Departemen External yang hadir mewakili manajemen VICO Indonesia yang nota bene sudah berpengalaman di bidang pemotongan 'burung' menawarkan diri untuk membantu.

Gayung bersambut dan ternyata disambut baik oleh paramedis lokal. Tak ayal meja kerja kades berubah fungsi menjadi ajang pemotongan 'burung' yang dilakukan oleh Eko yang dibantu Bastian Rauf sebagai asisten dadakan.

"Om, kalau 'burung' saya dipotong, nanti saya pipisnya gimana?" tanya seorang bocah bernama Miftah dengan polosnya. Sontak suasana kantor desa yang terletak di pinggir jalan poros KM 45 Samarinda-Bontang ini bertambah riuh.

Setelah diberi penjelasan oleh tim medis, Miftah yang semula cemas akhirnya dapat melaksanakan kegiatan khitanan sambil membaca beberapa ayat-ayat Al-Quran yang dia hafal.

Syahril, seorang tokoh masyarakat Desa Persiapan Badak Mekar beberapa kali mengungkapkan rasa senang dan terimakasihnya kepada VICO Indonesia. "Kalau saya sendiri yang akan melaksanakan khitanan terhadap ketiga anak saya ini, berapa biaya yang yang harus saya keluarkan. Apalagi saya ini hanya sebagai petani, tentu sangat berat. Untunglah ada VICO yang membantu," ucap petani pisang berambut gondrong yang lebih dikenal dengan nama La Giling

Sementara itu, menurut Manager External Relations & Community Development VICO Indonesia, Surya Safari, bantuan tersebut merupakan salah satu implementasi program Comdev VICO Indonesia dibidang kesehatan. Obat-obatan dari Field Health & Medical Department sedangkan pakaian dari BDI VICO.

Ia menambahkan untuk kegiatan khitanan missal VICO Indonesia mencoba merubah paradigma. Jika selama puluhan tahun khitanan massal selalu diadakan di kota Muara Badak, maka saat ini lebih diarahkan pada warga kurang mampu di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh sarana transportasi dan tim medis sehingga diharapkan program semacam ini lebih tepat sasaran. Demikian katanya. (bas)


Pose bersama bocah-bocah peserta khitanan massal yang diselenggarakan di Desa Persiapan Badak Mekar
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.