KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

PMII Kukar Gelar Aksi Damai Sikapi Situasi Pasca Pemilu

Aksi mahasiswa PMII di pertigaan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman dan Jalan KH Akhmad Muksin tadi pagi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 14/04/04 13:58 WITA
Menyikapi hangatnya situasi politik di Indonesia pasca Pemilu 2004 akhir-akhir ini, sekitar 40 mahasiswa yang terhimpun dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan aksi turun ke jalan di dalam kota Tenggarong tadi pagi.

Dalam aksi damai yang dipimpin Amir ini, para mahasiswa PMII membagi-bagikan selebaran kepada masyarakat yang berisi 6 butir pernyataan dan himbauan dari Pengurus Cabang PMII Kukar.

Dikatakan oleh Amir, Pemilu 2004 merupakan momentum untuk melakukan konsolidasi dan upaya untuk menyelesaikan beberapa persoalan atau krisis yang mendera bangsa Indonesia.


Para mahasiswa PMII membagi-bagikan selebaran kepada masyarakat Tenggarong
Photo: Agri

"Akan tetapi hingga saat ini hal yang diharapkan oleh seluruh masyarakat masih sangat jauh dari harapan dan cenderung mengkhianati aspirasi masyarakat," ujar Ketua PC PMII Kukar ini.

Untuk itu, tambahnya, PMII Kukar berharap agar pasca Pemilu 2004 jangan sampai terjadi perpecahan baik di kalangan elit politik terutama masyarakat secara umum.

Segala persoalan yang terjadi saat ini seperti halnya penolakan beberapa parpol atas hasil Pemilu 2004 diharapkan agar dapat diselesaikan menurut prosedur yang berlaku dengan tetap mengedepankan proses dialog serta menghindari segala bentuk-bentuk kekerasan.


Ketua PC PMII Kukar, Amir, saat menyampaikan orasinya
Photo: Agri

Amir juga meminta kepada masyarakat secara umum agar jangan terprovokasi oleh isu politik dan pertentangan elit politik tersebut yang secara substansial tidak ada manfaatnya untuk masyarakat.

"Masyarakat harus bangkit sebagai kekuatan yang mampu melakukan kontrol, kritik terhadap kinerja eksekutif, legislatif dan yudikatif. Catat serta tagih komitmen dan janji-janji para politisi yang disampaikan pada masa kampanye lalu," ujar Amir didampingi Koordinator Lapangan Ramlianur disela-sela aksi damai PMII Kukar di pertigaan Jalan Imam Bonjol, Jalan KH Akhmad Muksin dan Jalan Sudirman.

PMII Kukar juga berharap setelah ditetapkannya para wakil rakyat hasil Pemilu 2004 agar dibuat suatu kontrak politik dan meminta para wakil rakyat untuk turun ke masyarakat setiap 6 bulan sekali untuk evaluasi kinerja sesuai komitmen mereka saat kampanye.

Aksi damai yang dimulai pada pukul 09.00 WITA ini diawali dari Sekretariat PMII Kukar di Jalan DI Panjaitan menuju Kampus Universitas Kutai Kartanegara, Pasar Tangga Arung di Jalan Danau Aji, Jalan Imam Bonjol, Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran Jembatan Aji Imbut (Jembatan Bongkok) dan berakhir di tugu Adipura depan Pasar Seni Tenggarong. (win)


Aksi damai mahasiswa yang tergabung dalam PMII Kukar
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.