KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Santri Pesantren Kunjungi KutaiKartanegara.com

Suasana pemaparan situs web KutaiKartanegara.com di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, tadi siang
Photo
: Yanda

KutaiKartanegara.com 12/04/04 19:40 WITA
Sebanyak 50 orang santri Madrasah Tsanawiyah dari Pondok Pesantren (Ponpes) Ribathul Khail Tenggarong yang sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik selama tiga hari berkesempatan untuk mengunjungi redaksi KutaiKartanegara.com tadi siang di Bagian Humas Protokol, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Kunjungan santri yang dipimpin Nurul Mungkasih selaku Ketua Tim Pelaksana "Program Pengembangan Sistem Belajar Terampil" ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat mengenai media internet terutama pengelolaan informasi dan pembuatan berita hingga akhirnya online di KutaiKartanegara.com.


Kasubag Auvi Humas Kukar Wiyono SIP MSi (kiri) bersama CEO KutaiKartanegara.com M Agri Winata ST ketika menerima kunjungan santri ponpes Ribathul Khail
Photo
: Yanda

Menurut Nurul Mungkasih, para santri sebelumnya telah mendapatkan Pelatihan Manajemen Organisasi & Kepemimpinan serta Pelatihan Jurnalistik pada tanggal 9-11 April lalu di Ponpes Ribathul Khail, kemudian melakukan praktek pembuatan majalah dinding (mading) untuk sekolah mereka.

"Adapun materi Pelatihan Jurnalistik yang diberikan kepada 50 santri ini adalah Penentuan Tema Penulisan dan Jenis-Jenis Penulisan Berita yang disampaikan oleh Hariyansa SE serta Teknik Wawancara dan Proses Pengemasan Berita oleh Ridwan yang juga koresponden Tribun Kaltim di Tenggarong," ujar Nurul.

Setelah mendapatkan teori dan praktek pembuatan mading, rombongan kemudian melakukan study tour atau anjangsana ke KutaiKartanegara.com yang baru dilaksanakan hari ini yang diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Audio Visual Wiyono SIP MSi mewakili Kabag Humas Protokol yang berhalangan hadir, CEO KutaiKartanegara.com M Agri Winata ST dan Kepala Sub Bagian Pengumpulan Informasi Zainul Effendi Joesoef SSos.


Para santri yang sibuk mencatat pemaparan mengenai KutaiKartanegara.com
Photo
: Jaya

Dalam kesempatan tersebut, diungkapkan terlebih dahulu oleh Kasubag Pengumpulan Informasi Zainul Effendi Joesoef bahwa Kutai-Kartanegara.com bukanlah situs milik Pemkab Kukar karena situs resmi Pemkab Kukar sendiri memakai domain .go.id.

"Namun demikian, situs ini telah dikontrak oleh Pemkab Kukar melalui Bagian Humas Protokol dalam hal ini Sub Bagian Pengumpulan Informasi sejak tahun anggaran 2003 dalam rangka pengelolaan informasi dan berita mengenai Kukar melalui situs web KutaiKartanegara.com," ujar Zainul.

Dihadapan santri ponpes Ribathul Khail, M Agri Winata selaku pendiri Kutai-Kartanegara.com memaparkan secara panjang lebar sejarah dan keberadaan situs web KutaiKartanegara.com yang hadir pertama kali ke dunia maya sejak 13 Januari 2001.



Antusiasme para santri Ponpes Ribathul Khail saat melihat penggunaan internet di Bagian Humas Protokol Pemkab Kukar yang juga markas redaksi situs KutaiKartanegara.com

Photo
: Yanda

Usai pemaparan, para santri diajak melakukan peninjauan ke Bagian Humas Protokol untuk melihat-lihat proses pembuatan berita mulai dari pencarian berita, penulisan berita, editing foto hingga akhirnya online dan muncul di halaman depan KutaiKartanegara.com.

Para santri tampak antusias menyaksikan penggunaan internet yang biasa digunakan para staf Humas Protokol Pemkab Kukar ini. Mulai dari cara atau teknik pengolahan foto digital, penggunaan LAN (Local Area Network), menjelajahi situs web, proses pengiriman data ke server KutaiKartanegara.com yang berada di Miami, Amerika Serikat, maupun transfer data antar komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan LAN Humas Protokol.

Kunjungan para santri selama kurang lebih 2,5 jam ini ternyata masih belum cukup bagi mereka yang baru pertama kali mengenal penggunaan perangkat teknologi informasi ini. Melihat antusiasme tersebut, salah seorang pengajar MTs Ponpes Ribathul Khail yang turut mendampingi anak didiknya ini berharap agar Pemkab Kukar membantu fasilitas komputer bagi santri agar mereka yang berada di pesantren tidak ketinggalan ilmu pengetahuan dan teknologi. (joe/nop/jay)


Foto bersama seluruh santri peserta Pelatihan Jurnalistik bersama pengajar MTs, CEO KutaiKartanegara.com, Kasubag Auvi dan Kasubag Pengumpulan Informasi Humas Kukar

Photo
: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.