KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Nopember 2004

Sambut Lebaran, Dinas Perdagangan Operasi Pasar Murah

Beberapa pegawai Pemkab Kukar dan masyarakat Tenggarong sangat antusias berbelanja sembako di Pasar Murah yang digelar Dinas Perdagangan Kukar

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 12/11/04 06:24 WITA
Dalam rangka menyambut Lebaran atau Idul Fitri 1425 Hijriah, Dinas Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan Operasi Pasar Murah dengan menjual sembilan bahan pokok (sembako)  selama 3 hari di halaman kantornya di Tenggarong.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pasar Murah, Masdar SE, kegiatan ini hanya dilakukan di kota Tenggarong yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu atau pegawai Pemkab Kukar golongan rendah.

Dikatakannya pula bahwa kegiatan Pasar Murah ini hanya digelar selama 3 hari yakni sejak Senin (08/11) hingga Rabu (10/11) kemarin dengan menjual 29 item produk yang diantaranya adalah beras, gula pasir, tepung terigu dan minyak makan.

"Yang jelas harga yang kami tawarkan lebih murah dari harga yang ada di Pasar Tangga Arung Tenggarong. Perbedaan harganya sekitar Rp 500 hingga Rp 750 per jenis barang bila dibandingkan dengan harga di luar Pasar Murah," ujar Masdar SE didampingi Sekretarisnya, Wahyu Noor Madani.


Harga yang lebih murah dibanding harga yang ditawarkan di pasaran membuat Pasar Murah di Dinas Perdagangan ini sangat diminati warga
Photo: Yanda

Misalnya saja untuk jenis gula pasir, lanjut Masdar, pihaknya menjual Rp 4.000 per kilogramnya sementara jika di Pasar Tangga Arung maupun di toko-toko di sekitar kota Tenggarong harganya minimal Rp 4.500 per kilogram.

Sedang kendala pelaksanaan Pasar Murah ini menurut Masdar adalah selain terbatasnya waktu yang diberikan untuk melakukan kegiatan juga belum cairnya dana operasional dari Pemkab Kukar.

"Yang jelas dana operasional sangat penting dalam mendukung kegiatan ini karena dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan Pasar Murah seperti biaya transportasi, biaya panitia pelaksana dan honor tenaga penjual," kata Masdar.

Karena tidak didukung oleh dana operasional yang belum cair dari Pemkab Kukar maka kegiatan Pasar Murah kali ini dilakukan atas inisiatif dan kepedulian dari pihak panitia pelaksana saja yang didukung Kepala Dinas Perdagangan.

Disamping itu, kegiatan Operasi Pasar Murah ini sudah menjadi tradisi yang berlangsung setiap tahun menjelang lebaran yang telah dilakukan sejak tahun 1995 lalu. Demikian katanya. (joe/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.