KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info Odah Etam : Januari 2004

Humas Protokol Kukar Kunjungi Redaksi Kaltim Post

Kabag Humpro Pemkab Kukar Drs Abidinsyah Kadrie MM (kiri) saat menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke redaksi Kaltim Post Jum'at (09/01) malam lalu
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 11/01/04 15:45 WITA
Cukup banyak pengetahuan yang diperoleh para staf Bagian Humas dan Protokol (Humpro) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dari kunjungan ke redaksi harian Kaltim Post yang bermarkas di Balikpapan pada Jum'at (09/01) malam lalu.

Kendati waktu kunjungan tersebut cukup singkat, namun rombongan Bagian Humpro Pemkab Kukar yang dipimpin Drs Abidinsyah Kadrie MM ini tampak puas dengan penjelasan-penjelasan yang telah diberikan sambil melihat lebih dekat proses pengolahan berita hingga naik cetak untuk disebarkan ke distributor di beberapa kota Kalimantan Timur.

Setiba di lobi Gedung Biru Kaltim Post Group di Jalan Soekarno-Hatta KM 3,5 Balikpapan, Kepala Bagian Humas Protokol Pemkab Kukar Drs Abidinsyah Kadrie dan seluruh staf diterima oleh Wakil Redaksi Pelaksana Bambang Janu Isnoto dan Sjarifuddin Hs, salah seorang redaktur senior di Kaltim Post.


Kabag Humpro Kukar Drs Abidinsyah Kadrie bersama Pimred Kaltim Post H Rizal Effendi SE (duduk)
Photo: Yanda

"Kami selama ini membaca Kaltim Post, sekali-sekali kami ingin mengetahui secara langsung dapurnya Kaltim Post dalam suasana yang sangat santai ini," ujar Kabag Drs Abidinsyah Kadrie MM kepada dua petinggi harian yang dulunya bernama Manuntung ini. Dalam kesempatan tersebut, Abidinsyah Kadrie juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-16 kepada harian Kaltim Post yang jatuh pada tanggal 5 Januari lalu.

Kepada Abidinsyah Kadrie dan rombongan Humpro Kukar yang seluruhnya berjumlah sekitar 50 orang ini, Waredpel Bambang Janu
Isnoto mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan dari Kukar ke markas besar Kaltim Post Group tersebut. "Diantara rombongan yang pernah datang ke mabes kami, rombongan dari Kukar inilah yang terbanyak," ujar Bambang Janu Isnoto.

Dijelaskan Bambang, Kaltim Pos Group merupakan bagian dari Jawa Pos Group yang bermarkas di 'Kota Pahlawan' Surabaya. Dan Kaltim Post Group sendiri telah memiliki beberapa anak perusahaan seperti harian Samarinda Pos, Pos Metro Balikpapan, Radar Tarakan dan Radar Banjarmasin.


Waredpel Bambang Janu Isnoto (berdiri kanan) saat memberikan penjelasan kepada rombongan Humpro Kukar
Photo: Yanda

"Jawa Pos memiliki grup di seluruh daerah tingkat I di Indonesia kecuali Aceh dengan jumlah media massa lebih dari 80 media sehingga menjadikan Jawa Pos Group sebagai kelompok media terbesar di tanah air untuk saat ini," kata Bambang.

Menurut Bambang, luasnya jaringan Jawa Pos Group inilah yang menjadi kekuatan kelompok media ini dalam hal liputan-liputan di daerah. Selain itu, tambah Bambang Janu Isnoto, Jawa Pos Group telah mengembangkan diri ke bisnis televisi yakni dengan didirikannya JTV di Surabaya dan Batam. Kedepan, markas besar Kaltim Post Group juga akan dilengkapi dengan jaringan televisi lokal Kaltim.

Sementara itu, ditambahkan pula oleh Redaktur Senior Kaltim Post Sjarifuddin Hs bahwa kekuatan Kaltim Post sehingga bisa besar seperti saat ini bukan hanya pada kekuatan jaringan Jawa Pos, namun juga berkat dukungan masyarakat Kaltim selama ini. "Koran dimana-mana tidak pernah mempunyai makna jika tidak memiliki masyarakat pembaca seperti bapak-bapak dan ibu-ibu," kata Sjarifuddin Hs kepada seluruh rombongan Humpro Pemkab Kukar tersebut.


Para kru percetakan Kaltim Post tampak sibuk menghimpun segmen Pro Kaltim yang telah dicetak
Photo:
Agri


Rombongan Humpro Kukar ketika berada di gedung percetakan kaltim Post
Photo:
Yanda

Setelah medengarkan gambaran singkat mengenai Kaltim Post, Sjarifuddin Hs kemudian memandu rombongan Bagian Humrpo Pemkab Kukar untuk melihat-lihat dapur redaksi harian tersebut yang berada di lantai IV Gedung Biru.

"Kunjungan ini tepat waktunya di malam hari, karena pada saat ini semua wartawan telah berkumpul setelah siang berada di lapangan," kata Sjarifuddin Hs kepada rombongan asal Kukar tersebut.

Puluhan staf Bagian Humpro tampak antusias mengamati lebih dekat kesibukan para wartawan Kaltim Post dalam mengolah berita sambil diburu deadline, sementara para desainer grafis dengan lincah mengolah ilustrasi maupun foto-foto yang telah dikirimkan wartawan.

Ada pula yang memperhatikan para penata layout yang dengan cermat mengatur peletakan foto, ilustrasi grafis, judul dan isi berita pada halaman-halaman harian Kaltim Post edisi Sabtu, 10 Januari 2004. Tak jarang para staf Bagian Humpro mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Bambang Janu Isnoto, Sjarifuddin Hs maupun para awak Kaltim Post lainnya.

Beberapa saat setelah berada di Lantai IV Gedung Biru tersebut, Pimpinan Redaksi Kaltim Post H Rizal Effendi tiba di kantor redaksi setelah sebelumnya sempat mengikuti salah satu acara pada malam itu. Menyusul kemudian, salah satu ujung tombak Kaltim Post di 'Kota Raja' Tenggarong yakni Sarkowi V Zahry yang turut menyambut kedatangan Kabag Humas Protokol dan staf ke markas besar mereka.

Kunjungan ke Kaltim Post berakhir setelah rombongan Bagian Humpro Kukar melihat-lihat proses percetakan harian pertama dan terbesar di Kaltim tersebut. Rombongan tampak antusias memperhatikan naik cetaknya segmen Pro Kaltim saat itu. Dijelaskan Sjarifuddin Hs, harian Kaltim Post saat ini dicetak 30.000 eksemplar per harinya dan oplah tersebut merupakan yang terbesar di luar pulau Jawa. (win/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.