KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Pemkab Kukar Akan Penuhi Tuntutan Forkom Puskesmas

Suasana pertemuan Forkom Puskesmas Kukar dengan pihak Pemkab Kukar di Ruang Serba Guna
Photo
: Yanda

KutaiKartanegara.com 10/06/04 16:35 WITA
Ratusan pengunjukrasa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Puskesmas Kutai Kartanegara (Kukar) tadi siang diterima Assisten I Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Pada pertemuan tersebut, Ketua Forkom Puskesmas Kukar dr Bambang Triyono membacakan pernyataan sikap dan keprihatinan dihadapan Drs HM Husni Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Said Suharmani, Direktur RSU AM Parikesit dr Ali Hidar dan Kabag Keuangan H Suryanto Anwar SE MM.

Dikatakan dr Bambang Triono, Forkom Puskesmas sangat prihatin karena dana operasional Puskesmas tahun 2003 belum cair sehingga praktis selama 1,5 tahun Puskesmas berjalan tanpa dana operasional.


dr Bambang Triyono mengepalkan tangannya setiap usai membacakan butir tuntutan Forkom Puskesmas Kukar

Photo: Yanda

"Kemudian dari 26 Puskesmas yang ada di Kukar, masih ada Puskesmas yang belum dilengkapi sarana mobil ambulans," kata dr Bambang Triyono. Selain itu, tambahnya, anggaran kesehatan ternyata tidak sampai 2% padahal sektor kesehatan dan pendidikan seharusnya mendapat perhatian yang lebih besar di era otonomi daerah.

"Kami juga prihatin karena insentif untuk tenaga kesehatan masih kecil. Untuk tenaga dokter Puskesmas insentifnya Rp 500 ribu, sedangkan tenaga paramedis sebesar Rp 250 ribu. Sementara eselonisasi kepala Puskesmas tidak pernah mendapat perhatian. Sampai saat ini masih IV-A, seharusnya III-B," ujar dr Bambang Triyono.

Ada 6 tuntutan yang disampaikan dr Bambang Triyono, yakni agar dana operasional Puskesmas tahun 2003 segera dicairkan, kemudian peningkatan anggaran sektor kesehatan secara bertahap menjadi 10% serta peninjauan kembali insentif tenaga kesehatan untuk ditingkatkan.


Beberapa tenaga medis dan paramedis dari seluruh Puskesmas se-Kukar yang berkumpul di Tenggarong untuk menyampaikan tuntutan kepada Pemkab Kukar
Photo: Yanda

Tuntutan lain adalah eselonering jabatan Kepala Puskesmas menjadi III-B sesuai dengan petunjuk dari Departemen Kesehatan RI. Kemudian agar Puskesmas dilengkapi mobil ambulans yang layak dan dikembalikan fungsinya sebagai sarana kedaruratan medik.

"Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi maka dengan sangat terpaksa seluruh Puskesmas di Kukar akan menghentikan semua kegiatan keluar seperti penyuluhan penyakit menular, pengamatan penyakit menular termasuk kunjungan ke Posyandu," ancam dr Bambang Triyono.

Menanggapi tuntutan Forkom Puskesmas tersebut, Drs HM Husni Thamrin langsung mengabulkan tuntutan pengunjuk rasa. Dia berjanji dalam waktu singkat segera mencairkan dana operasional Puskesmas se Kukar tahun 2003. Namun untuk dana yang sama periode tahun 2004 belum dapat dipenuhi karena kas daerah kondisinya masih memprihatinkan.

Menyinggung tentang pengadaan sarana mobilitas akan dilakukan secara bertahap sesuai skala prioritas. Sementara peningkatan insentif akan dipelajari secara mendalam dan minta FKP Kukar segera menginventarisir jumlah anggotanya sehingga dapat dihitung besaran dananya. Sedang untuk peningkatan eselonering jabatan akan dibicarakan dengan Badan Kepegawaian Daerah.

"Insya Allah tuntutan yang sifatnya mendasar dan normatif ini akan segera dipenuhi Pemkab Kukar. Saya minta sementara ini saudara-saudara berdoa dan bersabar," demikian kata HM Husni Thamrin. Usai diterima dan menyampaikan tuntutannya, para pengunjuk rasa dengan tertib membubarkan diri dan meninggalkan Kantor Bupati Kukar. (joe/nop)


Ketua Forkom Puskesmas Kukar dr Bambang Triyono membacakan pernyataan sikap dan keprihatinan dihadapan pejabat Pemkab Kukar
Photo: Yanda


Para pejabat Pemkab Kukar yang menghadapi pengunjukrasa. Dari kiri ke kanan: H Suryanto Anwar SE MM (Kabag Keuangan), Drs HM Husni Thamrin (Assisten I), dr Said Suharmani (Kepala Dinas Kesehatan) dan dr Ali Hidar (Direktur RSU AM Parikesit)
Photo: Yanda

Berita Terkait:
Petugas Puskesmas Berunjukrasa ke Kantor Bupati (10/06/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.