KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

Layanan GPRS Telkomsel Hadir di Tenggarong

Dengan menggunakan ponsel yang mendukung GPRS, pelanggan Telkomsel di Tenggarong kini dapat menjelajahi internet langsung melalui ponselnya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 09/08/04 12:45 WITA
Pelanggan Telkomsel baik pengguna kartuHALO dan simPATI yang berada di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, kini telah dapat menikmati layanan berbasis GPRS (General Packet Radio Service) yang telah diluncurkan Telkomsel sejak Rabu (04/08) lalu.

Menurut GM Sales & Customer Telkomsel Regional Kalimantan, Irfandi Firmansyah, peluncuran ini dilakukan Telkomsel setelah melalui pertimbangan tidak sekedar meluncurkan teknologi namun juga memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ada di Tenggarong.

Dalam hal menyajikan content, Telkomsel saat ini bekerja sama dengan 12 content provider seperti Indo.com, Detik.com, Antara, KetawaKetiwi.com, KCM, IMQ21, e-bursa.com, Open Mobile, Intouch, Sadatel, MTV dan SCTV yang mencakup antara lain berita, hiburan, keuangan, sosial dan keagamaan.

Pada saat bersamaan dengan diluncurkannya layanan GPRS di Kukar, maka layanan Multimedia Messaging Services (MMS) juga dapat dinikmati oleh Pelanggan Telkomsel di kota Tenggarong. "Dengan  layanan MMS ini memungkinkan pelanggan mengirim dan memerima pesan kombinasi antara teks, gambar dan suara," ujar Irfandi Firmansyah.

Bahkan dengan MMS, lanjutnya, pelanggan Telkomsel bisa melakukan download pesan MMS dari teman pengguna atau sumber lainnya, termasuk Telkomsel.com, mobile portal-nya Telkomsel.

Berkaitan dengan pengembangan layanan ini, dikatakan Irfandi Firmansyah bahwa hal ini merupakan komitmen Telkomsel untuk melangkah ke masa depan. Begitu pun dengan layanan M-GOV (Mobile Government) yang baru saja diluncurkan di Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan wujud komitmen Telkomsel sebagai penyedia solusi Telekomunikasi Nirkabel di Indonesia.

"Kami telah meningkatkan kegunaan dari jaringan dualband ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal komunikasi data yang berkecepatan tinggi. Sedangkan dengan Layanan M-GOV memberikan suatu kemudahan bagi pelanggan Telkomsel untuk bisa menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Hal ini menggambarkan adanya kemajuan dalam industri selular dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan," demikian kata Irfandi Firmansyah.

Sekedar informasi, GPRS merupakan salah satu standar untuk wireless data yang diimplementasikan pada jaringan selular dan merupakan tahapan awal dalam evolusi menuju mobile multimedia communication. Dengan GPRS, operator selular dapat memberikan layanan komunikasi data dengan kecepatan lebih tinggi dibanding CSD (Circuit Swicthed Data) yang hanya mampu melakukan pengiriman data dengan kecepatan 9,6 kbps (kilobytes per second) sementara GPRS mampu hingga 265 kbps.

Untuk di wilayah kota Tenggarong, GPRS terlayani sekitar 64 kbps. Dalam hal pengiriman data, teknologi selular dapat lebih banyak melakukan pengiriman data dibanding dengan fixed-phone lines pada kecepatan yang sama, untuk bisa menikmati layanan berbasis GPRS, pelanggan harus menggunakan ponsel yang memiliki fasilitas GPRS.

Adapun tarif GPRS Telkomsel adalah dihitung per kB (kilobytes) data yang didownload yakni sebesar Rp 25 per kB untuk pelangan kartuHALO dan Rp 30 per kB untuk pelanggan simPATI.

Sementara untuk tarif standard MMS Telkomsel, pengiriman 1 MMS bagi pelanggan kartuHALO hanya dikenakan Rp 1.000 (sebelum PPN) dan untuk pelanggan simPATI dikenakan Rp 1.250 (sudah termasuk PPN) untuk pengiriman 1 MMS dengan kapasitas sampai 50 kB (dan kelipatannya). (rin)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.