KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pelabuhan Kontainer Akan Dukung Kecamatan Sanga-Sanga sebagai Kawasan Industri

Dirjen Penataan Ruang Depkimpraswil Ir Junius Hutabarat saat menyampaikan pemaparan di Pendopo Odah Etam, tadi siang

Photo
: Agri

KutaiKartanegara.com 07/02/04 15:15 WITA
Sebagai wilayah yang termasuk dalam Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) SASAMBA, kecamatan Sanga-Sanga akan dikembangkan menjadi salah satu kawasan industri terpenting di Kalimantan Timur. Kawasan industri ini akan berlokasi di wilayah desa Pendingin yang terletak sekitar 7 km dari kota wisata juang Sanga-Sanga.

Demikian yang terungkap pada pertemuan Direktur Jenderal Penataan Ruang Departemen Kimpraswil Ir Junius Hutabarat dengan Badan Pengelola KAPET SASAMBA dan Pemkab Kukar yang diwakili Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar H Bachruddin Noor M Eng MSc, di Pendopo Odah Etam, tadi siang, dalam kegiatan workshop bertajuk Revitalisasi dan Prospek Pengembangan KAPET.

Menurut Wakil Ketua BP KAPET SASAMBA, Ir Erik Nursahramdani, dari 18 kecamatan di Kukar, ada 4 kecamatan yang masuk dalam kawasan andalan KAPET SASAMBA yakni Sanga-Sanga, Muara Jawa, Samboja dan Loa Janan. "Dan wilayah Pendingin di kecamatan Sanga-Sanga akan dikembangkan sebagai kawasan industri dengan luas 1.000 hektare bersama 3 wilayah lainnya dalam KAPET SASAMBA yakni Kariangau (Balikpapan), Palaran (Samarinda) dan Pulau Atas (Samarinda).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kukar H Bachruddin Noor M Eng MSc menegaskan bahwa untuk mendukung kawasan industri Pendingin tersebut Pemkab Kukar rencananya akan membangun sebuah pelabuhan kontainer atau peti kemas di kawasan ini.


Para pengusaha Kukar dan pejabat terkait ketika mengikuti workshop Revitalisasi dan Prospek Pengembangan Kapet oleh Ir Junius Hutabarat
Photo
: Agri

"Kami telah berkoordinasi dengan Departemen Perhubungan untuk membangun pelabuhan peti kemas di kawasan Pendingin sebagai pengganti pelabuhan di Samarinda. Pelabuhan dengan kedalaman sungai sekitar 7 meter ini hanya terletak 50 km dari muara sehingga lebih dekat dengan laut lepas," ujar H Bachruddin Noor.

Ditambahkan H Bachruddin Noor, Pemkab Kukar bekerjasama dengan Pemkot Samarinda juga tengah menyiapkan sebuah bandara yang terletak antara kota Samarinda dan Tenggarong. "Kehadiran bandara ini juga diharapkan dapat mendukung KAPET SASAMBA karena bandara Kukar-Samarinda selain diperuntukkan bagi pesawat penumpang juga dikhususkan bagi pesawat-pesawat cargo," demikian kata H Bachruddin Noor.

Kegiatan workshop tadi siang dihadiri beberapa kepala dinas/instansi Pemkab Kukar, empat camat di Kukar serta para pengusaha Kukar yang terkait dengan pengembangan KAPET SASAMBA. Pada kesempatan tersebut juga diisi pemaparan oleh Dirjen Penataan Ruang Departemen Kimpraswil Ir Junius Hutabarat mengenai revitalisasi guna mendorong pengembangan KAPET. (win)

Link Terkait: www.sasamba.or.id

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.